Follow detikFinance
Rabu 25 May 2016, 17:00 WIB

Mentan Amran Semangati Pasukan Pemberantas Hama di Karawang

Muhammad Idris - detikFinance
Mentan Amran Semangati Pasukan Pemberantas Hama di Karawang Foto: Muhammad Idris
Karawang - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, hari ini melakukan kunjungan ke Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri Pekan Peramalan II Pengelolaan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Berteknologi Tinggi, Ramah Lingkungan, dan Berkelanjutan.

Acara ini merupakan pengukuhan Petugas Pengelola OPT (PPOPT) dari 34 propinsi. PPOPT sendiri merupakan tenaga penyuluhan yang dikerahkan ke sawah-sawah untuk membantu petani dalam pemberantasan hama.

"Ada La Nina nanti dengan hujan yang tidak putus-putus, itu waktunya OPT berkembang biak dengan baik. Tahun lalu (rasio intensitas) serangan hama 1,3%, tahun ini harus 0,5%," kata Amran dalam sambutannya di kantor BPOPT, Karawang, Rabu (25/5/2016).

Sebelum ke Karawang, Amran menemani mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, yang baru saja menerima penganugerahan Doktor Honoris Causa di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Berpakaian jas hitam, Amran menyemangati para PPOPT. Amran sempat mengutip pidato Megawati beberapa jam sebelumnya di Unpad.

"Kami dengar pidato Bu Mega saat pemberian Doktor Honoris Causa. Mendengar sejarah Bung Karno rebut kemerdekaan. Kami merasa kecil belum buat apa-apa buat republik ini. Saat penduduk hanya 66 juta bisa getarkan dunia, bisa buat gerakan Non Blok," tegas Amran.

"Kalau ada semangat Bung Karno, masalah OPT itu terlalu kecil. Jangan bangun pagi jam 7.00, kemudian kemudian maunya pulang cepat. Kapan negara ini bisa berdaulat kalau seperti itu," tambahnya.

Seperti kebiasaannya yang berkemeja putih, Mentan datang ke kantor BPOPT yang terletak di tengah sawah tersebut pukul 15.00 WIB. Hadir pula dalam acara tersebut Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring. (feb/feb)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed