Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jun 2016 07:09 WIB

5 Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Traveling

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pada usia produktif traveling merupakan aktivitas yang menyenangkan. Karena dengan traveling kita dapat menjelajahi berbagai tempat baru yang belum pernah kita jumpai sebelumnya. Menjamahi tempat baru memang memberi sensasi tersendiri bagi kita, terlebih pada saat itu akan ada banyak hal-hal baru seperti budaya, bahasa, seni, pola hidup dan pengalaman seru.

Bagi beberapa orang traveling mungkin menjadi kegiatan yang membuang-buang uang, karena membutuhkan budget besar. Selain itu berpergian ke beberapa tempat juga memerlukan banyak tenaga. Akan tetapi pandangan seperti itu belum tentu benar, karena disadari atau tidak traveling ternyata juga bisa memberi penghasilan.

Bayangkan traveling dan menghasilkan uang? Tentu keduanya akan menghasilkan kombinasi yang benar-benar menguntungkan. Bagaimana tidak? Kita bisa asyik jalan-jalan sekaligus mendapatkan uang. Hal ini benar-benar bisa kamu dapatkan dengan beberapa cara berikut.

Menjadi Pemandu Wisata
Menjadi pemandu wisata bisa jadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang sekaligus traveling gratis. Yang terpenting pada profesi ini adalah kamu harus bisa berkomunikasi aktif dan berbaur dengan banyak orang. Selain itu, wawasan kamu mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi harus benar-benar baik.

Menjadi Host Traveling di TV
Kalau kamu memiliki penampilan yang menarik saat berada di depan kamera, jangan ragu manfaatkan kelebihanmu itu untuk melamar di program televisi yang bertema traveling. Saat ini sudah sangat banyak stasiun televisi yang memiliki program bertemakan traveling. Luar biasa bukan bila kamu berhasil mendapatkan pekerjaan ini, karena kamu bisa traveling gratis sekaligus menjadi terkenal.

Menjadi Fotografer Alam atau Lingkungan
Akan jadi sebuah keuntungan yang besar bila kamu hobi traveling sekaligus memiliki keahlian dalam bidang fotografi. Sebab dari dulu hingga sekarang fotografer alam atau lingkungan sudah dikenal sebagai profesi yang menguntungkan. Jadi, sudah pasti kamu akan mendapatkan uang yang cukup banyak dari menjual foto-foto selama traveling. Jika kualitas foto kamu bagus, banyak yang akan tertarik dan mengajak anda untuk kerjasama. Kamu juga bisa menjual hasil foto-fotomu di beberapa situs seperti fotografer.net atau istock.com.

Menjadi Travel Blogger
Bagi kamu yang hobi menulis dan suka jalan-jalan, menjadi travel Blogger sepertinya cocok untukmu. Sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba menulis dengan serius mengenai destinasi tempat wisata yang pernah kamu singgahi. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan (SEO) dalam tulisan yang dibuat. Kalau blog kamu ramai dikunjungi pengguna, bisa saja nantinya kamu akan mendapatkan bayaran dari suatu perusahaan atau instansi tertentu untuk mengiklankan produk mereka.

Bergabung Dengan Voluntary Service Overseas (VSO)
Voluntary Service Overseas (VSO) adalah lembaga yang menampung relawan dari berbagai negara untuk proyek sukarelawan di beberapa kawasan paling miskin di dunia. Bagi kamu yang memiliki hobi traveling secara gratis serta memiliki kepedulian penuh terhadap sesama, bergabung di lembaga ini merupakan pilihan yang tepat. Untuk kamu yang memiliki pekerjaan, bila serius ingin bergabung pastikan sudah mengambil cuti dari pekerjaan selama 1-6 bulan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai VSO ini kamu bisa mengaksesnya di vso.org.uk.

Mau eBook Tentang "Rahasia Orang Kaya Dalam Mengumpulkan Pundi Kekayaan Sehingga Mereka Sampai Saat Ini Semakin Kaya" senilai Rp 397.000,- Khusus Hari Ini Gratis Untuk Anda. Klik di sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com