Follow detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2016 09:45 WIB

Jadi Hadiah Lebaran, Bagaimana Persiapan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta?

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dana Aditiasari-detikFinance Foto: Dana Aditiasari-detikFinance
Tangerang - Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Seokarno Hatta ditargetkan pada pertengahan Juni 2016. PT Angkasa Pura II (AP II) bakal melayani calon penumpang angkutan udara untuk rute penerbangan domestik dari terminal ini.

Bagaimana persiapan Terminal 3 Ultimate menyambut arus mudik Lebaran tahun ini? Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, bila dilihat dari perkembangan konstruksinya, maka Terminal 3 Ultimate sendiri sudah semakin mendekati rampung lantaran sudah 99%.
Persiapan Terminal 3 Ultimate Sambut Mudik Lebaran 2016


Pekerjaan konstruksi yang dilakukan tinggal pemasangan kelengkapan dan aksesoris bangunan. Seperti lukisan, tanda atau rambu penunjuk arah dan lain sebagainya.

Bersama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, badan usaha bandar udara (BUAU) itu juga telah menjalankan klarifikasi terkait peralatan operasi serta penunjang keselamatan dan keamanan.
Persiapan Terminal 3 Ultimate Sambut Mudik Lebaran 2016


"Ini sudah selesai. Nanti proses simulasi dan klarifikasi, kami harapkan akan selesai pertengahan bulan ini dan kami operasikan pada pertengahan bulan ini juga. Ini harus pasti harus siap semuanya dan satu-satu kami selesaikan semuanya seperti check in, baggage handling system, AC selesai, CCTV sudah selesai," kata Budi di temui di lokasi proyek, Tangerang, Jumat malam (3/6/2016).

AP II sendiri, kata Budi, tak ingin terburu-buru mengoperasikan terminal ini dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan. Pihaknya ingin memastikan, kelengkapan-kelengkapan penunjang keselamatan harus sudah terpasang sebelum fasilitas senilai Rp 7 triliun ini siap dioperasikan.
Persiapan Terminal 3 Ultimate Sambut Mudik Lebaran 2016


"Jadi, kami itu memperhatikan bahwa kan di dunia penerbangan harus safety first. Jadi kami tak akan main-main mengoperasilan ini, tidak asal melakukan operasi saja," tutur dia.

Untuk memastikan kelengkapan keselamatan berfungsi dengan baik, AP II bersama PT Garuda Indonesia tengah giat melakukan simulasi. Dari mulai simulasi pelayanan darat seperti pelayanan check in, pelayanan bagasi, pelayanan naik dan turun pesawat hingga masuk ke dalam terminal dan lainnya.
Persiapan Terminal 3 Ultimate Sambut Mudik Lebaran 2016


Total luas bangunan Terminal 3 Ultimate mencapai 422.804 meter persegi yang terdiri dari bangunan terminal seluas 331.101 m2, gedung parkir 85.578 meter persegi, dan gedung VVIP 6.124 meter persegi.

"Ini akan menjadi hadiah lebaran untuk masyarakat," pungkas budi. (dna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed