Ada Tol Pejagan-Brebes, Jokowi: Kirim Bawang ke Jakarta Hanya 4 Jam

Dana Aditiasari - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2016 18:33 WIB
Foto: Dana Aditiasari
Brebes - Keberadaan jalan tol yang sedang giat dilakukan pemerintah diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan meyakini, adanya jalan tol ini dapat mendorong pemerataan pembangunan antar wilayah.

"Tol ini, manfaatnya apa untuk rakyat? Pergerakan barang akan lebih cepat," kata Jokowi dalam sambutannya pada acara Peresmian Beroperasinya Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II di pintu tol Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16/6/2016).

Manfaat keberadaan tol bagi rakyat, kata Jokowi, bisa dilihat dari tol Pejagan-Pemalang yang saat ini telah tersambung hingga Brebes Timur. Tol ini telah tersambung dengan jaringan tol lainnya yang sudah beroperasi hingga ke Jakarta.

"Misalnya dari sini (Brebes Timur) mau kirim bawang ke Jakarta, dulu 7 jam. Kalau sekarang dengan adanya jalan tol hanya 3,5 sampai 4 jam. Berarti lebih cepat," tutur Jokowi.

Dengan waktu tempuh yang lebih cepat, kualitas barang yang dibawa akan lebih terjaga dan tidak cepat busuk dan rusak.

"Sehingga barang sampai ke sana (Jakarta) akan lebih baik harganya," sambung dia.

Ia pun mengharapkan dukungan dari masyarakat terhadap berbagai proyek pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah dilakukan pemerintah.

Karena ke depan, kata Jokowi, akan semakin banyak infrastruktur yang akan dibangun pemerintah untuk mendukung pemerataan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia.

"Kemudian juga, kalau nanti, dari Ujung Jawa di sebelah barat ke timur di Jawa Timur akan selesai akhir 2018 akan selesai. Jadi semua akan tersambung. Dengan ini tersambung, ini juga sedang dimulai di Pulau Sumatera. Tujuannya sama, agar barang yang diproduksi rakyat bisa dibawa ke mana-mana. Dari sini ke Aceh bisa, dari Aceh ke Brebes juga bisa," pungkas dia. (dna/drk)