Follow detikFinance
Rabu 22 Jun 2016, 14:02 WIB

Begini Isi Kapal Roro Rute Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Begini Isi Kapal Roro Rute Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok Foto: Ardan Adhi Chandra
Bandar Lampung - Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Laut sore ini akan meresmikan jalur pelayaran Kapal Roro Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (PP).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut siang tadi juga melakukan uji petik terhadap salah satu Kapal Roro yaitu KM Mutiara Sentosa III di Pelabuhan Panjang.

KM Mutiara Sentosa III merupakan satu dari tiga kapal tang akan dioperasikan pada pelayaran perdana 22 Juni 2016. KM Mutiara Sentosa III dibuat pada tahun 1991 dengan material baja. Kapal ini memiliki panjang 160 meter dengan lebar 25 meter.

Dengan berat kotor 9.476 Gross Tonase (GT), kapal ini dapat melesat dengan kecepatan 12 knot. Kapal ini juga mampu mengangkut 750 penumpang dan 160 truk dan 100 kendaraan kecil.



detikFinance berkesempatan untuk melihat kondisi ruangan di dalam kapal. Lantai dasar kapal dikhususkan untuk parkir kendaraan truk maupun iendaraan pribadi. Tempat parkir kendaraan juga tampak luas dan mampu menampung hingga 260 kendaraan besar dan kecil.

Bergeser ke lantai atas, penumpang bisa menggunakan lift atau tangga. Di lantai 2 tampak puluhan kamar tidur dengan berbagai kelas berjejer saling berhadapan. Di kamar VIP, penumpang dimanjakan dengan adanya 2 spring bed dan ruang kumpul kecil layaknya di hotel bintang lima. Perjalanan menggunakan Kapal Roro dari Jakarta ke Bandar Lampung atau sebaliknya selama 8 jam pun tidak begitu terasa.

Kemudian ada juga kamar kelas dua yang letaknya bersebrangan dengan kamar VIP. Fasilitas di dalam kamar kelas dua juga tidai begitu jauh dengan kamar VIP, kamar kelas dua juga dilengkapi dengan kasur dan masih tetap nyaman. Perusahaan penyedia jasa pelayaran yaitu PT Atosim Lampung Pelayaran juga menyediakan kamar untuk kelas ekonomi.



Kamar ini tidak dilengkapi dengan tempat tidur, namun para penumpang yang ingin beristirahat tetap bisa tidur beralaskan karpet dan masih tetap nyaman. Kondisi kamar penumpang di Kapal Roro ini seluruhnya dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga penumpang akan tetap nyaman sambil menunggu tibanya kapal di tujuan.

Masih di lantai yang sama juga tersedia cafetaria di mana penumpang bisa mengisi perutnya yang kosong di tengah perjalanan. Cafetaria juga dilengkapu dengan kursi dan meja makan agar penumpang bisa menikmati makanan dan minuman di tengah perjalanan. Sama seperti kamar penumpang, cafetaria dan ruangan lainnya yang ditempati penumpang dilengkapi dengan pendingin ruangan.



Sedangkan di lantai paling atas merupakan ruang kemudi yang dikhususkan untuk nahkoda kapal. Berbagai alat kemudi masih terawat dengan baik dan juga dikengkapi dengan pengeras suara agar kapten kapal dapat memberi himbauan kepada penumpang jika sewaktu-waktu ada kejadian.

Kapal Roro ini juga sudah dipastikan keamanan dan keselamatannya setelah dilakukan uji petik siang tadi. Alat keselamatan berupa life vest hingga pendeteksi kebakaran juga sudah dipastikan dapat berfungsi dengan baik.

(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed