Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 03 Jul 2016 10:35 WIB

H-3 Lebaran, Pedagang Ketupat Lebaran di DKI Mulai 'Menjamur'

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Setiap tahunnya menjelang Lebaran kerap kali ditemui sejumlah pedagang musiman yang memanfaatkan momen ini untuk berjualan produk-produk yang berhubungan dengan suasana Idul Fitri.

Termasuk pedagang yang menjual ketupat Lebaran. Berdasarkan hasil pantauan detikFinance di Pasar Jembatan Merah, Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, sejumlah pedagang yang berada di pinggiran pasar terlihat menjual bahan baku membuat ketupat ini. Mereka berjualan di tepi jalan dekat pasar.

Sejumlah pedagang mengaku baru berjualan hari ini dikarenakan permintaan mulai ramai saat tiga hari menjelang Lebaran.



Salah satu pedagang bernama Sri (53) mengatakan bahwa sudah berjualan kulit ketupat Lebaran ini selama 5 tahun terakhir. Dia mengaku hanya menjual kulit ketupat tiga hari menjelang Lebaran atau H-3. Karena biasanya keramaian pembeli terjadi dua hingga tiga hari menjelang Idul Fitri.

"Hanya musiman. Baru mulai hari ini (mulai jualan). Karena baru ramai. Sekarang lagi dapat pesanan banyak. Bahkan 3 hari sebelum Lebaran bisa nggak tidur. Kejar target," ujarnya kepada detikFinance di Pasar Jembatan Merah, Jakarta Selatan, Minggu (3/7/2016).



Sri mengatakan sehari-hari dirinya bekerja sebagai penyedia jasa cuci pakaian di apartemen. Namun dikarenakan majikannya sedang pergi ke luar negeri, ia memilih berjualan ketupat Lebaran.

"Biasanya saya jadi tukang cuci di apartemen. Karena majikan saya lagi pulang ke negara nya. Sebulan gajinya kan cuma Rp 700.000. Jadi kalau nggak ada kerjaan biasanya buruh kayak gini," ungkapnya. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com