Follow detikFinance
Senin 18 Jul 2016, 13:20 WIB

Bos KAI: Kereta Kencang JKT-SBY Akan Jadi Pesaing Pesawat

Dina Rayanti - detikFinance
Bos KAI: Kereta Kencang JKT-SBY Akan Jadi Pesaing Pesawat Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Pemerintah berencana merevitalisasi jalur kereta ganda lintas utara Jawa agar rute Jakarta-Surabaya sepanjang 727 kilometer (km) dapat dilintasi kereta berkecepatan sedang (medium speed).

Bila sukses direnovasi, kereta Jakarta-Surabaya bisa melesat dengan kecepatan 150 km per jam dan waktu tempuh 5 jam.

Ini dinilai sebagai salah satu alternatif moda transportasi rute Jakarta-Surabaya, disamping pesawat. Nantinya, waktu tempuh kereta kencang JKT-SBY dengan pesawat terbang tidak berbeda jauh.

"Karena travel time sama ya pesaingnya pesawat, memang harus dibuat masyarakat lebih cinta kereta, Jakarta-Surabaya itu hanya 720 km kalau kita bisa dapat 150 km/jam saja itu barangkali 5,5-6 jam tercapai," ungkap Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), Edi Sukmoro kepada detikFinance, Jumat (15/7/2016).

Menurut Edi, apabila pergi menggunakan pesawat itu letak bandara tidak di tengah kota sehingga membutuhkan waktu untuk menuju bandara dibandingkan dengan stasiun kereta yang letaknya di tengah kota.

"Itu menjadi opsi pilihan orang dari pusat kota ke pusat kota, kalau pesawat terbang kan tidak di pusat kota jadi bisa pilihan buat penumpang. Tapi memang kita menunggu saja kalau memang itu segera jalan akan lebih baik buat kereta api," lanjut Edi.

Edi juga mengatakan tarif kereta ini akan mengikuti tarif pesawat terbang.

"Menurut saya masuk akal, kita mengacu aja tarif pesawat terbang, misal pesawat Rp 600-700 ribu, kita bisa kasih tarif Rp 600 ribu mengacu saja ke pesawat terbang, itu hari biasa ya kalau peak bisa sampai Rp 1 juta kita ngikut saja," jelas Edi. (feb/feb)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed