Anak Usaha Toyota Bikin Peternakan Sapi di Sukabumi

Muhammad Idris - detikFinance
Selasa, 23 Agu 2016 17:48 WIB
Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto
Bogor - PT Toyota Dairy indonesia, anak perusahaan raksasa otomotif Jepang, Toyota, berencana masuk ke industri pembibitan sapi perah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam waktu dekat.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Investasi Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Syukur Iwantoro, perusahaan yang bergerak di industri sapi perah ini baru sampai pada penjajakan lahan untuk breeding sapi perah.

"Joint venture (patungan) dengan perusahaan lokal, saya lupa persisnya. Bupati (Sukabumi) menerima dengan baik. Kita dengan Pemda Sukabumi sudah siapkan lahan 40 hektar, masih kecil luasnya, karena memang ini (investasi) pertama," ujar Syukur ditemui di Hotel Papyrus, Bogor, Selasa (23/8/2016).

Lebih jauh, pihaknya belum bisa membeberkan lebih detail nilai investasi dan lokasi persis lahan yang disiapkan untuk anak usaha pabrikan mobil tersebut.

"Rencana investasi detailnya saya lupa. Kemudian lahan kita masih tunggu penyelesaian tata ruang Sukabumi selesai dulu. Lahan yang disiapkan memang bukan yang paling murah, tapi itu yang paling cocok dengan tata ruangnya," ungkap Syukur.

Menurut mantan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ini, selain Toyota, perusahaan Jepang lain, Sumitomo juga menyatakan minatnya menanam modal di sektor breeding sapi di Indonesia.

"Sumitomo beda dengan Toyota, baru konfirmasi (minat investasi) saja. Itu keduanya sapi perah, khususnya sapi perah yang berkualitas," ucap Syukur. (ang/ang)