Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Sep 2016 13:42 WIB

Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Aceh Rp 6 Juta-Rp 60 Juta/Ekor

Agus Setyadi - detikFinance
Foto: Agus Setyadi Foto: Agus Setyadi
Aceh Besar - Harga hewan ternak untuk meugang dan kurban di Aceh naik hingga 20%. Minat beli masyarakat mulai meningkat pada H-5 Idul Adha.

Pantauan detikcom di Pasar Hewan di Sibreh, Aceh Besar, Aceh, ratusan penjual hewan ternak mulai berjualan sejak pagi hari, Rabu (7/9/2016). Mereka mengikat sapi dan kerbau pada tempat yang disediakan.

Harga sapi di pasar hewan di Sibreh berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 60 juta per ekor. Sementara kerbau berkisar Rp 8 juta hingga Rp 30 juta per ekor. Selain itu, di sana juga dijual kambing dengan harga antara Rp 1 juta hingga 3 juta per ekor.
Pasar sapi di Aceh

"Harga hewan ternak di sini tergantung bobot dan usianya," kata Masri (50), seorang penjual hewan ternak asal Samahani Aceh Besar saat ditemui detikcom.

Pasar hewan ternak di Sibreh ini tidak setiap hari ada. Para pedagang menjajakan hewan ternak di sana khusus pada hari Rabu atau di Aceh dikenal dengan hari pekan.

Sapi, kerbau dan kambing yang dijual pedagang berasal dari sejumlah kabupaten di Aceh seperti Aceh Besar, Pidie, Bireun dan lainnya. Sementara jenis sapi yang dijual yaitu jenis simental, limousin, brahman, sapi Aceh, sapi bali, dan sapi perah.

"Sapi di sini semua dari Aceh, saya beli dari peternak kemudian saya jual di sini," ungkap Masri.
Pasar sapi di Aceh

Meski demikian, harga hewan ternak di sini terkadang lebih mahal dibandingkan yang dijual di tempat lain.

"Naik sekitar 20 persen kalau sudah dibawa ke kemari karena di sini ramai yang beli," jelasnya.

Sementara seorang pedagang hewan ternak lain, Edi Saputra mengaku, sapi yang dijualnya bisa untuk qurban atau meugang. Hari ini, ia membawa 10 ekor sapi dari Bireuen.

"Jelang meugang dan qurban banyak yang beli. Hari ini saya bawa sepuluh ekor ke sini karena banyak yang sudah laku di kampung," kata Edi.

Masyarakat Aceh punya tradisi meugang yang dirayakan sejak dua hari sebelum Ramadan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Khusus menjelang puasa, warga Tanah Rencong ramai-ramai beli daging untuk disantap bersama seluruh anggota keluarga. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed