Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Sep 2016 15:34 WIB

Jabatan Sama, Tenaga Kerja Asing di RI Digaji Lebih Tinggi Dibanding Lokal

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pemerintah memberikan visa bebas kunjungan kepada 169 negara di dunia untuk menggenjot kunjungan wisatawan di Indonesia. Namun, visa bebas kunjungan ini seringkali disalahgunakan bukan hanya untuk tujuan berlibur melainkan juga untuk bekerja di perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Akibatnya, tenaga kerja lokal mengalami persaingan yang semakin berat dengan hadirnya tenaga kerja asing. Dengan menduduki posisi yang sama, tenaga kerja asing mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan tenaga kerja lokal.

"Upah lebih tinggi dengan level yang sama. Akomodasi yang lebih baik daripada tenaga kerja lokal. Di Riau benar seperti itu," kata Anggota Komisi I DPR RI TB. Hasanudin dalam Seminar Nasional Kebijakan Bebas Visa Kunjungan dan Isu Membanjirnya Tenaga Kerja Asing di Indonesia di di Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Selain itu, banyaknya tenaga kerja asing yang bekerja pada posisi yang bisa dikerjakan tenaga kerja lokal juga membuat angka pengangguran di Indonesia semakin tinggi.

Mudahnya tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia juga mengundang konflik sosial di dalam masyarakat. Pada level yang sama, tenaga kerja asing mendapatkan keutamaan lebih dibandingkan tenaga kerja lokal.

"Rentan terhadap konflik sosial. Gaji yang tidak sama dan kedua masalah sosial adanya perbedaan bahasa yang tidak dimengerti," kata TB. Hasanudin. (drk/drk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com