Anggaran Dipangkas, Bagaimana Nasib Proyek Jalan Trans Papua?

Maikel Jefriando - detikFinance
Jumat, 16 Sep 2016 21:00 WIB
Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Pemerintah memangkas anggaran belanja dalam APBNP-2016 sebesar Rp 133,8 triliun. Dari jumlah tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkena pemotongan anggaran Rp 6,98 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan adanya pemangkasan ini, pihaknya harus melakukan sejumlah penyesuaian anggaran salah satunya adalah program pembangunan Jalan Nasional Trans Papua.

Basuki menegaskan, lewat penyesuaian ini, ada sejumlah pekerjaan yang akan ditunda pelaksanannya hingga mendapat alokasi anggaran di tahun 2017 atau 2018.

"Ya yang belum kontrak, walau sudah ada penetapan dari saya. Kalau belum kontrak ya kita stop dulu, kita tunda," kata dia usai rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Meski demikian, tidak seluruh pekerjan akan ditunda. Paket pekerjaan untuk ruas Mamugu-Wamena akan tetap dikerjakan dan diselsaikan tahun ini.

"Yang jelas yang saya utamakan, Mamugu-Kenyam-Wamena nggak boleh dipindah tahun depan. Ini tetap jalan terus tahun ini," tegas dia. (dna/dna)