Bahas Kondisi Ekonomi Terkini, Jokowi Undang Ekonom dan Pengusaha ke Istana

M Iqbal - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2016 13:36 WIB
Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini mengundang ekonom dan pengusaha ke Istana Merdeka untuk makan siang. Jokowi meminta masukan mereka soal perekonomian Indonesia.

Ada 17 ekonom dan 3 pengusaha yang diundang Presiden Jokowi ke Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (20/9/2016). Tampak mendampingi Jokowi, Mensesneg Pratikno.

Ekonom yang diundang adalah Raden Pardede, Tony Prasetiantono, Djisman Simanjuntak, Haryo Aswicahyono, Ari Kuncoro, Lukita Dinarsyah, Elan Satriawan, Enny Sri Hartati, Iman Sugema, Destry Damayanti, Heriyanto Irawan, Poltak Hotradero, Helmi Amran, Revrisond Baswir, A Prasetyantoko, Kikie Boenawan dan Hendri Saparini.
Presiden Jokowi kumpulkan ekonom dan pengusahaPresiden Jokowi kumpulkan ekonom dan pengusaha

Sedangkan mewakili pengusaha adalah Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani, dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bahlil Lahadalia.

Dalam pengantarnya, Jokowi secara terbuka meminta pandangan para ekonom dan pengusaha soal situasi terakhir perekonomian Indonesia. Terutama menyikapi perekonomian global setelah forum G-20.

"Pertemuan kemarin saya lihat sangat optimistis. Saya ingin ambil poinnya, kalau mereka optimistis, kenapa kita tidak," ucap Jokowi dalam sambutannya.

"Saya masih inginnya besar-besaran investasi masuk," lanjut Jokowi.
Presiden Jokowi kumpulkan ekonom dan pengusahaPresiden Jokowi kumpulkan ekonom dan pengusaha

Jokowi juga menyinggung soal tax amnesty yang menurutnya semakin hari makin terlihat perkembangan yang signifikan. Baik itu deklarasi atau uang tebusan yang sudah masuk.

"Saya tak bicara angka, tapi trust dari masyarakat dan pemerintah, kelihatan ada. Kemudian kepatuhan membayar pajak, saya lihat ada pergerakan sangat baik," ucap Jokowi. (bal/hns)