Follow detikFinance
Senin, 10 Okt 2016 19:57 WIB

Perum Perikanan Sebut Beberapa Pengusaha Sewakan Lahan ke Pihak Ketiga

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Perum Perikanan Indonesia (Perindo) membenarkan ada beberapa pengusaha menyewa lebih dari satu kavling lahan di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara. Pengusaha tersebut kemudian menyewakan kembali lahan tersebut ke pihak ketiga.

Pengusaha tersebut menyewakan kembali lahan ke pihak ketiga hingga mencapai Rp 526.000 per meter persegi per tahun. Sedangkan pengusaha hanya membayar sewa lahan ke Perum Perindo sebesar Rp 61.500 per meter persegi per tahun.

Sebagai informasi, dari total 70 hektar lahan darat di Muara Baru, 26 hektar di antaranya digunakan untuk area industri.

"Iya betul. Kita punya datanya memang ada beberapa nama di situ," jelas Sekretaris Perusahaan Perum Perindo Agung Pamujo di Kantor Perindo Kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (10/10/2016).

Bahkan tidak hanya menguasai lahan di Muara Baru, beberapa pengusaha bermodal besar tersebut juga melakukan monopoli atas angkutan ikan di Kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman. Sehingga keuntungan yang mereka dapatkan dari bisnis penyewaan lahan dan angkutan sangat besar.

"Nggak tanah saja, mereka juga ada yang menguasai mobilnya," tutur Agung. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed