Sumber Penerimaan Negara di 2018: Pariwisata, Perikanan dan Energi

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Selasa, 15 Nov 2016 11:45 WIB
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Indonesia dan Singapura baru saja menyepakati kerja sama di bidang pariwisata. Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Panjaitan, kemudian menyebut sektor wisata nantinya akan menjadi penerimaan utama negara.

"2018 target kita dari tourism, nomor dua perikanan, energi nomor tiga," kata Luhut saat berbincang di Hotel Guyama Tower, Semarang, Jawa Tengah, Senin malam (14/11/2016).

Luhut kemudian mencontohkan bentuk kerja sama pariwisata antara Indonesia dengan Singapura. Nantinya, wisatawan dari mancanegara bisa berwisata sekaligus ke Singapura dan Indonesia.

"Jadi mereka bikin satu paket orang ke Singapura bisa ke Batam, Bintan, Karimun. Bisa juga bisa juga ke Toba, bisa juga ke Bangka Belitung bisa juga kalau bikin ke Bali dia bawa yacht taruh di Bali dia datang dengan pesawat nanti keliling bisa sampai Labuan Bajo," papar Luhut.

Untuk itu pemerintah akan membangun infrastruktur pendukung untuk mendongkrak turis berdatangan. Salah satunya adalah memperbanyak restoran.

"Nanti mereka tinggal di kapal hanya kita siapkan restorannya, tempat buat turis, handicraft sehingga ekonomi kerakyatan tumbuh. Kalau itu bisa mungkin bisa ciptakan banyak lapangan kerja," tutur Luhut. (bag/hns)