Pengusaha: Lebih Mahal Kirim Barang Jakarta-Balikpapan Daripada ke China

Muhammad Idris - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2016 12:35 WIB
Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Dibandingkan dengan negara-negara tetangga, ongkos logistik di Indonesia justru lebih mahal. Salah satu penyebabnya, Indonesia masih mengandalkan transportasi darat meski secara geografis berbentuk negara kepulauan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, mencontohkan perbandingan paling kentara dalam melihat tingginya ongkos logistik. Ini bisa dilihat dari pengiriman barang antar pulau dengan biaya untuk kegiatan ekspor impor barang.

"Kita tahu ongkos logistik kita memang mahal, kontribusinya bisa 30% dari produksi itu sendiri. Bayangkan saja, kirim barang dari Jakarta ke Balikpapan, itu lebih mahal daripada kita kirim barang ke Shenzen, China," kata Rosan dalam Rakornas Kadin Bidang Perhubungand di Graha CIMB, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Bahkan, lanjut Rosan, biaya pengiriman barang dari Jakarta ke Balikpapan juga masih lebih murah mengirim barang dari Jakarta ke Jerman yang jaraknya lebih jauh dari China.

"Bahkan masih tetap lebih murah kirim barang Jakarta ke Jerman. Hal ini yang membuat daya saing kita jadi kurang dibandingkan dengan negara lainnya," ujarnya. (hns/hns)