Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Nov 2016 14:01 WIB

Kondisi Politik Memanas, Jokowi: Roda Perekonomian Berjalan Seperti Biasa

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut roda perekonomian masih berjalan sangat kondusif, dan tak terpengaruh situasi politik yang memanas jelang putaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

"Saya hanya ingin menyampaikan satu kata sebetulnya. Yaitu optimisme, jangan sampai kita kehilangan satu kata yang tadi saya sampaikan, meskipun faktor eksternal tidak mendukung ke arah sana, meskipun juga sedikit situasi politik menghangat, terutama karena pemilihan gubernur di DKI," kata Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di JCC, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Situasi politik nasional memburuk pasca Pilkada DKI yang memanas, khususnya setelah sejumlah ormas Islam melakukan demonstrasi besar-besaran menuntut Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, segera diproses hukum karena dianggap melakukan penistaan agama.

"Kalau dua tiga minggu lalu saya masih naik kuda karena dinamika politik yang memanas, sekarang harus balik lagi. Meskipun Pilkada (serentak) ada di 101 kabupaten dan kota di Indonesia, saya hanya ingin memberikan geliat dunia usaha, bahwa roda perekonomian berjalan seperti biasa," tegas Jokowi dengan nada penekanan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berujar, penting menjaga optimisme dalam situasi politik apa pun. optimisme ekonomi, sambungnya, salah satunya bisa terlihat dari mulusnya perjalanan tax amnesty atau pengampunan pajak yang kini sudah bergulir di periode kedua.

"Fokus, konsentrasi pada persoalan yang akan menjadi target kita semua. Kenapa kita harus optimistis, yang pertama yang berkaitan dengan tax amnesty yang jelas sangat berhasil dan agak ketutup dalam dua tiga minggu belakangan," pungkas Jokowi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed