Pembangunan Konstruksi Pelabuhan Patimban Dimulai Tahun 2018

Fadhly F Rachman - detikFinance
Kamis, 24 Nov 2016 17:50 WIB
Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Pemerintah telah menetapkan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, sebagai pengganti lokasi Pelabuhan Cilamaya di Karawang yang batal digarap. Pelabuhan Patimban sendiri dibuat untuk menjadi proyek strategis nasional.

Untuk saat ini, Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan segala keperluan terkait pembangunan pelabuhan tersebut.

"Seperti tahap Rencana Induk Penelitian (RIP), Feasibillity Study (FS), pengadaan lahan, investasi dan sebagainya. Itu beberapa sudah ada yang selesai, nanti hingga tahun 2017," ungkap Sugihardjo dalam acara diskusi Pelabuhan Patimban di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2016).

Sedangkan untuk tahap pengerjaannya sendiri, Sugihardjo mengatakan, pembangunan konstruksi atau tahap pertama akan dimulai pada awal tahun 2018 nanti.

"Tahap pertama, yakni konstruksi pembangunan akan dimulai pada bulan Januari 2018," terang Sugihardjo.

Namun, jika semua persiapan pembangunan Pelabuhan Patimban selesai pada tahun 2017, maka tahap pengerjaan konstruksi bisa dilakukan pada tahun itu juga.

Diketahui, pengerjaan proyek Pelabuhan Patimban sebagai proyek strategis nasional ini akan dibangun dalam tiga tahap pembangunan, di mana tahapan konstruksi akan dimulai pada bulan Januari 2018, soft opening pada bulan Juli 2019 dan ditargetkan rampung secara keseluruhan pada tahun 2027. (dna/dna)