Follow detikFinance
Senin 28 Nov 2016, 20:02 WIB

Sri Mulyani Bakal Kaji Ulang Gaji Pegawai Pajak

Maikel Jefriando - detikFinance
Sri Mulyani Bakal Kaji Ulang Gaji Pegawai Pajak Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengkali ulang Peraturan Presiden (Perpres) No 37 tahun 2015 yang terkait dengan insentif berupa tambahan tunjangan untuk pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menurutnya ada ketidakseimbangan antara level pegawai pajak tingkat eselon III ke bawah atau yang berada di lapangan dengan jajaran eselon II dan I.

Demikianlah disampaikan Sri Mulyani ketika rapat kerja dengan Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2016).

"Saya berjanji akan melakukan koreksi terhadap perpres. sehingga insentifnya tidak sekarang ini kalau level direktur ke atas aman tapi eselon III justru mereka itu yang mengalami pendekatan dengan wajib pajak. Jadi kami sudah mendengar feedback dan menjadi bahan bagi kami," paparnya.

Di samping itu memang diperlukan ketegasan untuk hukuman terhadap pegawai pajak yang melanggar aturan. Meskipun tetap untuk melihat aturan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlaku.

"Saya terus terang tidak pernah segan. Dulu masalah Gayus, bagian unit sampai direkturnya saya copot. Saya tidak akan melakukan hal yang semena-mena," jelasnya.

Sri Mulyani telah mendapatkan banyak masukan dari berbagai pihak, termasuk dari anggota dewan. Seluruhnya akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengeluarkan keputusan.

"Kita tetap melihat maximum punishment dan sinyal yang salah harus ditindak tapi jajaran baik harus diproteksi dan reward yang sesuai dengan yang diharapkan," tegas Sri Mulyani. (mkl/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed