Follow detikFinance
Selasa 29 Nov 2016, 15:43 WIB

BPJT: Pembangunan Jalan Tol Melayang Jakarta-Cikampek Jangan Timbulkan Macet

Fadhly F Rachman - detikFinance
BPJT: Pembangunan Jalan Tol Melayang Jakarta-Cikampek Jangan Timbulkan Macet Ilustrasi (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - PT Jasa Marga bersama mitra strategisnya segera membangun jalan tol Melayang Jakarta-Cikampek. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan, akan menaruh perhatian besar dalam penanganan dampak selama proses pekerjaan pembangunan jalan tol melayang ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, antisipasi kemacetan memang perlu dilakukan mengingat di lokasi yang sama, saat ini juga ada pekerjaan pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) dan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Ya artinya, ini tol elevated perlu dibangun untuk mengurangi kemacetan. Tapi dalam pengerjaan pembangunannya harus memperhatikan juga, bagaimana supaya gangguannya seminimal mungkin," kata dia di Gedung Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jakarta, Selasa (29/11/3016).

Ia pun merespons positif langkah PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek selaku pengelola jalan tol ini yang berencana melakukan pelebaran jalan sebelum proses konstruksi dilakukan.

"Namanya pekerjaan fisik di sana pasti akan berpengaruh ke kondisi, jadi kondisi jalannya harus tetap sama seperti yang ada sekarang. Lalu gangguan tadi yang utama, ada 3-4 lajur dipakai untuk pekerjaan pasti akan berkurang, kalau tidak ada pelebaran ini maka akibatnya antreannya bakal semakin panjang," ungka Herry.

Namun demikian, pelebaran saja menurutnya tidaklah cukup. Selama proses pembangunan, Herry menekankan pentingnya pemasangan pagar pengaman untuk menghindari potensi kecelakaan akibat material bangunan yang berserakan ke badan jalan.

"Yang pasti selama pekerjaannya harus rapi, dan lalulintas harus tetap beroperasi sebagaimana mestinya. Jadi harus tertutup, harus ada jaring, dari aspek keselamatan dan lingkungan juga harus diperhatikan. Jangan nanti kerja debunya kemana-mana," tegas dia. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed