Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Des 2016 15:18 WIB

Mentan Tetapkan Harga Bibit Ayam Rp 4.800 per Ekor

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman telah melakukan revisi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 26 Tahun 2016 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras. Revisi terhadap Permentan tersebut mengatur harga ayam ras Day Old Chick (DOC) atau bibit ayam per ekor sebesar Rp 4.800.

Revisi terhadap Permentan tersebut ditandatangani oleh Amran di Kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan disaksikan oleh Ketua KPPU Syarkawi Rauf dan beberapa pejabat terkait.

Revisi tersebut merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mengatasi permasalahan unggas khususnya ayam ras di Indonesia.

Dengan ditandatanganinya revisi Permentan Nomor 26 Tahun 2016, maka harga DOC dipatok sebesar Rp 4.800 per ekor. Kemudian, harga ayam di kandang juga diatur sebesar Rp 18.000 per ekor, sehingga harga daging ayam di pasar per kilogram (kg) menjadi Rp 32.000.

"Kita membuat kesepakatan sekaligus mengeluarkan Permentan untuk menstabilkan harga di tingkat konsumen dan peternak. Harga DOC kurang lebih Rp 4.800 per ekor, ayamnya di kandang Rp 18.000, ayam di pasar Rp 32.000," jelas Amran di Gedung KPPU, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2016).

"Jadi disparitas harga yang tinggi kita tekan," lanjut Amran.

Amran mengaku seluruh produsen DOC sudah menyetujui revisi Permentan yang terbaru. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dengan adanya penetapan harga DOC.

"Semua sepakat harga floor dan ceiling price, insya Allah ke depan bisa tenang. Mulai berlaku hari ini," kata Amran.

Sebelumnya, harga DOC di tingkat produsen berada di level Rp 5.000-6.000 per ekor. Dengan demikian, harga jual ayam di tingkat peternak dan pasar bisa lebih rendah. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed