Cerita Grab Masuk di Bisnis Transportasi Manfaatkan Teknologi Digital

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 07 Des 2016 17:35 WIB
Marketing Director Grab Indonesia, Mediko Azwar (Foto: Ardan Adhi Chandra)
Jakarta - Peranan teknologi digital dalam kehidupan masyarakat, salah satunya terlihat pada sektor transportasi. Grab, suatu platform pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara, melihat dan berhasil mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan penyediaan solusi transportasi yang mudah, cepat dan aman.

Transportasi menjadi salah satu masalah terbesar penduduk perkotaan di Asia Tenggara. Dengan populasi lebih dari 600 juta, ada banyak ketidakefisienan dalam bertransportasi yang menyebabkan penduduk perkotaan lebih banyak menghabiskan waktunya di jalan dibanding tempat tujuannya.

Hal inilah yang mendasari perusahaan transportasi online, Grab membawa misinya memajukan negara-negara wilayah bisnisnya, khususnya Indonesia, yang saat ini menjadi negara dengan pengguna terbesar aplikasi Grab.

Indonesia sebenarnya merupakan negara terakhir yang jadi wilayah bisnis Grab. Masalah transportasi yang dijawab solusi oleh Grab membuat pengguna Grab terus berkembang dan kini jadi pengguna terbesar Grab.

"Ini adalah suatu peluang bagaimana kita bisa membantu mencarikan solusi tersebut. Jadi bagaimana kita bisa ada platform digital untuk solusi transportasi digital," ujar Marketing Director Grab Indonesia, Mediko Azwar dalam acara Talkshow Inovasi Digital untuk Kemudahan di Locanda Restaurant, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Azwar mengatakan, jalanan yang belum baik, moda transportasi yang tidak saling terintegrasi menyebabkan ketidakefisienan hingga Rp 25 triliun dalam setahun. Grab kemudian membantu menemukan solusinya dengan mengandalkan teknologi yang saat ini sangat dekat dengan aktivitas masyarakat, khususnya perkotaan.

Cerita Grab Masuk di Bisnis Tranportasi Manfaatkan Teknologi DigitalFoto: Ardan Adhi Chandra

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat aktivitas masyarakat tidak lepas dari fungsi teknologi itu sendiri. Hal ini lah yang mendasari berkembangnya layanan transportasi online seiring dengan semakin padatnya transportasi perkotaan.

"Jadi kunci kesuksesan Grab dan produk servis lainnya pada saat dia bisa memberikan solusi dari suatu masalah," tukas dia. (dna/dna)