RI Nego Australia Agar Harga Sapi Bakalan Turun AUD 1/Kg

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 09 Des 2016 20:57 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Harga sapi bakalan impor asal Australia akan turun. Menurut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, rencana penurunan itu telah dibahas dengan pemerintah Australia.

"Yang dari bakalan, kini dalam proses negosiasi, yang mudah-mudahan saya bisa membantu untuk mendapatkan penurunan harga sapi bakalan paling tidak AUD1/kg. Itu proses yang kemarin pembicaraan kami dengan Menteri Perdagangan Australia," katanya saat jumpa pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Menurut Enggar, negosiasi dilakukan beberapa kali dengan Menteri Perdagangan Australia. Proses negosiasi itu dilakukan lewat telepon maupun tatap muka.

Diharapkan lewat negosiasi ini harga sapi bakalan impor dari Negeri Kangguru itu bisa turun AUD 1/kg bobot hidup.

"Saya Mendag paling sering lakukan komunikasi, tiga kali telpon, dan lima kali secara resmi. Dan itu nego-nego yang berbagai kebijakan tarik ulur yang alhamdulillah dan insya Allah dapat turun AUD1/kg," tambahnya.

Dia menambahkan, upaya ini dalam rangka membuat harga rata-rata daging sapi per kilogram. Sehingga, pemerintah bisa memastikan batas kewajaran jika terjadi kenaikan harga.

"Kita lagi buat dulu skemanya. Ada beberapa langkah yang kami akan lakukan, yang saya belum bisa sampaikan di sini. Tapi saya buat dulu skemanya. Jadi kalau daging sapi beku dan impor sudah ada harga rata-ratanya sekitar Rp 80 ribu. Daging sapi segar akan kita buat harga rata-ratanya," tutur Enggar. (hns/hns)