Follow detikFinance
Senin 19 Dec 2016, 18:10 WIB

Ini Alasan Jasa Marga Bangun Tol Melayang Jakarta-Cikampek

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Alasan Jasa Marga Bangun Tol Melayang Jakarta-Cikampek Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - PT Jasa Maga Tbk (JSMR) akan memulai pembangunan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated pada triwulan II-2017 dan ditargetkan selesai di 2019. Pembangunan jalan tol melayang ini dilakukan karena semakin padatnya lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek existing.

"Betapa Jakarta-Cikampek itu load sudah sangat tinggi. Kalau tol ada rasio sudah tidak layak," tutur Direktur Utama Jasa Marga Desy Arryani di Financial Club Graha CIMB Niaga, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Dirinya menambahkan, ketika terjadi kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek ekor kemacetan yang terjadi umumnya begitu panjang. Sehingga pembangunan jalan tol Cikampek baru perlu dilakukan secara melayang.

"Traffic kalau ada kecelakaan belum lagi ada yang nonton, ekornya panjang apalagi kalau melintang, terguling dan seterusnya. Kalau pakai cara biasa (tidak melayang), bebasin tanah berapa lama?" tutur Desy.

Pembangunan Jalan Tol Cikampek melayang tentunya memakan biaya investasi yang lebih tinggi daripada pembangunan jalan tol pada umumnya. Namun, langkah ini dinilai lebih cepat untuk menanggulangi kepadatan lalu lintas di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Dengan bikin di tengah, tanah sudah tersedia sehingga jalur cepat 2 tahun itu selesai. Memang lebih mahal tapi itu yang terbaik," kata Desy.

Tol Jakarta-Cikampek II Elevated nantinya akan memiliki 2 lajur di masing-masing arah tol. Jalan tol ini juga nantinya diperuntukkan kepada pengguna jalan yang memiliki tujuan jarak jauh.

"2 kali 2 itu hanya untuk membagi pengguna traffic yang tujuannya jauh," ujar Desy. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed