Follow detikFinance
Senin 09 Jan 2017, 17:40 WIB

Pelaku UMKM di Semarang Bisa Pinjam Modal Berbunga 3%

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Pelaku UMKM di Semarang Bisa Pinjam Modal Berbunga 3% Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang akan segera memiliki fasilitas pinjaman dengan bunga sangat rendah, yaitu hanya 3%. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, memberlakukannya untuk mendorong pertumbuhan wirausahawan di Semarang.

Pinjaman modal usaha rendah yang akan segera diluncurkan itu juga melayani pinjaman sampai Rp 50 juta. Dan untuk pinjaman hingga Rp 5 juta, pelaku UMKM tidak perlu pusing menyerahkan agunan untuk meminjam uang. Waktu yang ditetapkan untuk pelaku UMKM melakukan angsuran pun relatif lama, yaitu 2 tahun. Salah satu syarat mengajukan pinjaman yaitu memiliki Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

"Untuk mengakses intrumen pinjaman bunga rendah ini, masyarakat bisa langsung mencari informasi di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang," kata Hendrar, Senin (9/1/2017).

Dengan adanya pinjaman bunga rendah itu. Hendrar berharap, program Kampung Tematik yang sudah berjalan sejak tahun 2016 bisa berkembang. Warga bisa menjalankan usaha sesuai dengan tema dari tempat tinggal masing-masing.

"Keterbatasan modal menjadi salah satu hambatan masyarakat untuk mengembangkan usaha, sehingga pinjaman dengan bunga rendah ini menjadi salah satu solusi yang kami tawarkan ke masyarakat," jelas Hendrar.

"Harapan saya dengan berkembangnya usaha-usaha di Kota Semarang, akan ada semakin banyak lapangan kerja yang tersedia dan tidak menutup kemungkinan memacu lahirnya wirausahawan-wirausahan baru", imbuhnya.

Untuk diketahui, program Kampung Tematik merupakan salah satu cara Kota Semarang menanggulangi pemukiman kumuh. Dengan menggali potensi tema di masing-masing kampung dan memberikan anggaran, diharapkan masyarakat dapat mandiri merawat kampungnya atau bahkan meningkatkan perekonomian. (alg/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed