Follow detikFinance
Kamis 12 Jan 2017, 18:45 WIB

Mentan Minta Ibu-ibu Kurangi Makeup Agar Bisa Tanam Cabai

Muhammad Idris - detikFinance
Mentan Minta Ibu-ibu Kurangi Makeup Agar Bisa Tanam Cabai Foto: Muhammad Idris-detikFinance
Konawe Utara - Pemerintah akan membagikan 10 juta bibit cabai ke seluruh Indonesia. Targetnya adalah ibu-ibu di seluruh Indonesia.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengatakan salah satu cara paling rasional menekan permintaan cabai yakni dengan meminta masyarakat menanam di rumah, khususnya ibu-ibu.

"Kami kasih benihnya gratis. Kalau bergerak ibu-ibu yang jumlahnya 126 juta orang, itu berapa besar dihemat oleh ibu-ibu. Persoalannya mau apa tidak. Kurangi makeup, kalau sedikit tak apalah agar disayang suami. Jangan malas tanam cabai di rumah," ucap Amran di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Kamis (12/1/2016).

Perkara tanam cabai, kata Amran, cukup mudah dilakukan. Kaum ibu hanya perlu menyisihkan waktu setidaknya 5 menit untuk menanam dan merawat cabai di rumah.



"Kalau itu dilakukan selesai cabai. Kalau luangkan waktu 5 menit saja, kurangi gosip buat 5 menit tanam dan siram cabai, setelah itu 12 jam mau lanjutin gosip silakan. Selesai," tutur Amran.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Spudnik Sujono menjelaskan, bibit itu berupa pohon cabai berusia 60 hari di dalam polybag. Sebelumnya Kementan telah memberikan pohon cabai ke beberapa Wilayah Jabotabek.

"September, Oktober, November saya sudah kasih 280 ribu pohon, itu di Jabodetabek," terang Spudnik. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed