KPPU Undang Kementan Hingga BPS Bahas Harga Daging

Fadhly F Rachman - detikFinance
Selasa, 24 Jan 2017 20:57 WIB
Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengundang sejumlah lembaga institusi negara, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik (BPS) ke Kantornya di Jalan Ir. Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2017).

Ketua Umum KPPU, Syarkawi Rauf mengatakan, pihaknya bersama dengan beberapa lembaga pemerintah tersebut mengadakan pertemuan untuk membahas pasokan serta harga daging sapi pada hari raya Idul Fitri yang jatuh pada bulan Juni nanti.

"Jadi salah satu fokus kita adalah penyediaan daging sapi, kita membicarakan time framenya, ada untuk kepentingan jangka pendek dan jangka panjang dan masalah harga," ungkap Syarkawi di kantornya, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Syarkawi mengatakan, pihaknya bakal mengawasi realisasi dari upaya yang bakal dilakukan Kemendag maupun Kementan untuk memenuhi ketersediaan daging sapi dan menjaga harga daging sapi pada bulan Juni nanti.

"Kita akan monitor realisasinya seperti apa kita tidak ingin ada gejolak harga, menjelang puasa harga naik, kita tidak mau kejadian seperti itu. Pergerakan harga daging sapi kita di Indonesia setiap tahunnya juga mengalami lompatan pada bulan Juni-Juli, itu momen-momen hari raya, ini yang memang harus kita antisipasi," terang Syarkawi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk dapat mengantisipasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan antisipasi mulai dari sekarang.

"Karena momentumnya ini sekarang, kalau diantisipasi sebulan menjelang Juni-Juli ini agak sulit. Makanya kita diskusi tentang persediaan," tuturnya. (dna/dna)