Follow detikFinance
Jumat 27 Jan 2017, 15:32 WIB

Pembangunan LRT Metro Kapsul Bandung Rp 1 Triliun Dimulai Maret

Avitia Nurmatari - detikFinance
Pembangunan LRT Metro Kapsul Bandung Rp 1 Triliun Dimulai Maret Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tahun Kota Bandung akan mulai membangun model percontohan light rail transit (LRT) tipe metro kapsul. Rencananya jika tidak ada kendala pembangunan transportasi massa itu akan mulai pada April 2017.

LRT metro kapsul tersebut merupakan teknologi transportasi asal Indonesia. Salah satu pembuatnya ada di daerah Subang.

"Kemarin di Jakarta rapat persiapan prototyping LRT tipe metro kapsul. Jadi LRT Bandung itu ada yang menang lelang Singapura dan prototyping teknologi Indonesia, metro kapsul ini," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Jumat (27/1/2017).

Rencananya proyek percontohan tersebut akan dibangun dua tahap dengan total panjang 6 kilometer.

"Dibagi dua tahap, tahap satu tiga kilometer di Stasiun Bandung sampai ke Dalem Kaum. Nanti tiga kilometer selanjutnya nambah sampai Tegalega muter lagi ke Stasiun," terang pria yang karib disapa Emil tersebut.

Saat ini, lanju Emil, pihaknya sedang mengejar surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengeluarkan Perpres terkait pembangunan metro kapsul tersebut.

"Sedang berproses, terlihat enggak ada masalah dan lebih cepat. Saya tinggal mengejar surat dari presiden karena yang mengerjakan BUMN. Dalam konteks peraturan perundangan presiden bisa keluarkan perpres untuk menunjuk BUMN mengerjakan proyek yang sifatnya pilot project. Itu dilakukan presiden untuk proyek Palembang. Dengan pola yang sama saya akan mengupayakan dalam minggu ini untuk keluar perpres itu," jelas Emil.

Jika tidak ada aral melintang, kata Emil, janji dari PT PP Tbk (PTPP) selaku BUMN yang akan membangun LRT Metro kapsul peletakan batu pertama akan dilakukan bulan Maret atau April.

"Menurut janji dari PP, bulan Maret-April mulai groundbreaking dan 3 km pertama selesai bulan Desember," kata Emil.

Anggaran yang digelontorkan untuk proyek ini yakni sebesar Rp 1 triliun untuk 6 kilometer.

"Anggaran setengahnya dari PT PP, setengah dari Kemenhub, Pemprov Jabar dan ada dari Pemkot. Anggarannya 1 triliun untuk 6 kilometer sangat murah. Dibanding monorel yang hampir 500 miliar per kilometer," tandasnya.

Lihat bentuk metro kapsul tersebut di berita ini:

'Ini Penampakan Metro Kapsul Buatan Subang' (avi/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed