Follow detikFinance
Minggu 12 Feb 2017, 13:18 WIB

LRT Jabodetabek Bisa Ngebut 60 Km/ Jam, Waktu Tempuh 20-25 Menit ke Jakarta

Yulida Medistiara - detikFinance
LRT Jabodetabek Bisa Ngebut 60 Km/ Jam, Waktu Tempuh 20-25 Menit ke Jakarta Foto: Yulida Medistiara-detikFinance
Jakarta - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sedang membangun proyek Kereta Api Ringan atau Light Rapid Transportation (LRT) wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek). Nantinya masyarakat dari daerah pinggiran Jakarta seperti Bogor, Bekasi, dan Depok bisa menghemat waktu tempuh sekitar 20 menit ke Jakarta.

General Manager Departemen Transit Oriented Development (TOD) Adhi Karya, Amrozi Hamidi, menyebut dengan terbangunnya LRT bisa dijadikan alternatif transportasi untuk mengurangi kemacetan di sekitar wilayah penyangga Jakarta seperti Bekasi dan Bogor menuju ke Jakarta.

"Ide dasarnya LRT ini kan karena jumlah transportasi yang masuk Jakarta ada 32% dari Jagorawi. 33% dari Cikampek, makanya kita usulkan itu supaya mengurangi kemacetan di Jakarta," kata Amrozi, dalam pameran Indonesia Property Expo, di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (12/2/2017).

Pada tahap I, proyek LRT yang ditargetkan selesai ada 3 jalur yaitu Cawang -Cibubur, Cawang - Dukuh Atas, dan Cawang - Bekasi Timur. Ditargetkan tahap I ini akan beroperasi pada Mei 2019.

Ia mencontohkan, waktu yang ditempuh LRT tujuan Cawang - Bekasi Timur mencapai 25 menit saja dengan jarak 18,5 km. Nantinya rute ini akan melewati 5 stasiun.

"Cawang-Bekasi Timur 25 menit dengan jarak 18,5 km Sebenarnya kecepatannya (untuk dioperasikan) 60 km per jam, tapi desainnya bisa sampai 80 km per jam," ujarnya.

Sedangkan LRT dengan rute Cibubur hingga Cawang berjarak 14,5 km dapat ditempuh 25 menit. Nantinya jalur ini hanya melewati 4 stasiun.

"Kalau dari Cibubur sampai Cawang 20 menit saja," ungkap Amrozi.

Sementara Cawang menunju Dukuh Atas dengan jarak tempuh 10,5 km dengan 7 stasiun dapat ditempuh dengan 20 menit. Ia menyebut waktu tempuh antara Cawang - Dukuh Atas dan Cibubur - Cawang hampir sama yaitu sekitar 20 menit.

Walaupun jaraknya lebih jauh Cibubur-Cawang, tetapi karena jumlah stasiun di Cawang-Dukuh Atas lebih banyak sehingga waktu tempuhnya sama sekitar 20 menit.

"Cawang-Cibubur 14,5 km 20 menit, Cawang,- Dukuh Atas 10,5 km 20 menit karena stasiunnya banyak," ujar Amrozi. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed