Follow detikFinance
Rabu 15 Feb 2017, 13:46 WIB

Sri Mulyani Cerita Bedanya Nyoblos di Amerika dan Indonesia

Hendra Kusuma - detikFinance
Sri Mulyani Cerita Bedanya Nyoblos di Amerika dan Indonesia Foto: Hendra Kusuma
Tangerang - Saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Indonesia.

Salah satu dari sekian banyak masyarakat Indonesia adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, yang berdomisili di Bintaro, Tangerang Selatan.

Hak suara pemilihannya pada Pilkada 2017 Provinsi Banten pun memiliki kesan tersendiri. Apalagi, sebelum kembali ke Indonesia, dirinya sempat lama tinggal di luar negeri.

Dia menceritakan, banyak keseruan yang dialaminya pada momen pemilihan seperti ini. Pada saat tinggal di luar negeri, Sri Mulyani Indrawati ikut serta dalam pemilihan umum presiden (Pilpres) RI 2014 antara Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Ya lainlah kalau pilpres sama pilkada lain," kata dia usai mencoblos di TPS 45 Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (15/2/2017).

Sri Mulyani Cerita Bedanya Nyoblos di Amerika dan IndonesiaFoto: Hendra Kusuma/detikFinance

Menurut Sri Mulyani, pada saat Pilpres RI 2014 di Amerika Serikat (AS) lebih seru dibandingkan dengan Pilkada sekarang ini.

"Kalau di Amerika seru, ya kitakan memilih keterikatan dan kepedulian tentang Indonesia itu kan biasanya justru makin besar kalau kita agak jauh," tambahnya.

Dengan jarak yang jauh dari Indonesia, lanjut Sri Mulyani, menjadi pengalaman baru baginya.

"Jadi kita merasa datang kasih vote atau pilihan, nyoblos itu untuk masyarakat di sana, dan untuk kita itu menggambarkan kencintaan kita keterikatan kita sama negara," ungkapnya.

Diketahui, Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada 2017 Provinsi Banten, Mantan Direktur Bank Dunia tersebut di halaman masjid Assalam Bintaro Jaya Sektor 3, Tangerang Selatan, Banten.

Pemilihan suara sudah dumulai oleh panitia sedari pukul 07.00 WIB, warga RT 2 RW 10 kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren ini sudah ramai dan silih berganti memasuki bilik suara.

Sri Mulyani Cerita Bedanya Nyoblos di Amerika dan IndonesiaFoto: Hendra Kusuma/detikFinance

Tepat pada pukul 12.00 WIB, Sri Mulyani bersama suami dan anaknya datang dengan menggunakan mobil alphard berwana hitam. Sri Mulyani Indrawati dan keluarga melakukan pencoblosan di TPS 45.

Ada dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten. Untuk pasangan nomor urut 1 adalah Wahidin Halim dan Andika Hazrumy, dan pasangan nomor urut 2 Rano Karno dan Embay Mulya Sarif.

Tiba di lokasi, Sri Mulyani langsung melihat profil para calon gubernur dan wakil gubernur Banten, tidak lama berselang dirinya duduk dan beramah tamah dengan tetangganya yang sudah antre terlebih dahulu.

Tidak sampai 5 menit, salah satu petugas memanggil nama Sri Mulyani untuk mencoblos di bilik suara. Usai mencoblos, para warga RT 2 RW 10 kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren ini langsung berebut meminta foto bareng.

Kurang lebih 15 menit beramah tamah, Sri Mulyani berserta suami dan anaknya langsung pamitan untuk meninggalkan TPS 45 yang berlokasi di halaman masjid Assalaam. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed