Follow detikFinance
Kamis 16 Feb 2017, 09:49 WIB

Di Mana Pesawat R80 Diproduksi? Ini Lokasinya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Di Mana Pesawat R80 Diproduksi? Ini Lokasinya Pesawat R80 (Foto: Dok. Regio Aviasi Industri)
Jakarta - PT Regio Aviasi Industri (RAI) punya proyek penting tahun ini. Perusahaan yang didirikan mantan Presiden BJ Habibie dan putranya, Ilham Habibie, akan membuat prototipe pesawat R80.

Saat ini pesawat R80 sudah masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Tahap awal pembuatan pesawat R80 akan dilakukan di Bandung hingga terbentuk beberapa bagian yang tinggal dirakit.

"Kalau kita membedakan beberapa bagian dari proses produksi. Mengenai bagian pesawat single part, jadi kita buat bagian yang kecil-kecil sebelum jadi rakitan itu dibuat kemungkinan besar di Bandung," ujar Komisaris PT RAI Ilham Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Proses akan berlangsung di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya di kawasan industri Aerocity Bandara Kertajati atau dikenal dengan Bandara Internasional Jawa Barat.

"Jadi di Bandara Kertajati akan ada semacam industrial park. Jadi kawasan industri ada bagian khusus industri dirgantara," tutur Ilham.

Menurut Ilham, proses pembangunan kawasan industri dirgantara di Kertajati saat ini sedang pembebasan lahan. Lokasi perakitan pesawat di kawasan industri Bandara Kertajati dipilih agar proses uji coba lebih mudah.

"Saat ini sedang dilakukan pembebasan lahan untuk industrinya, kalau landasan mungkin sudah 70%. Letaknya langsung di situ, kalau buat pesawat kan harus tinggal landas," tutup Ilham. (wdl/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed