Follow detikFinance
Jumat 17 Feb 2017, 20:03 WIB

Ini Daftar Tol Darurat yang Bisa Dilintasi Saat Mudik Lebaran 2017

Muhammad Idris - detikFinance
Ini Daftar Tol Darurat yang Bisa Dilintasi Saat Mudik Lebaran 2017 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Fadhly Fauzi Rachman)
Semarang - Pemerintah terus mengebut pengerjaan jalan tol Trans Jawa. Targetnya, tahun 2018 semua ruas tol yang ada bisa terhubung. Namun beberapa ruas tol juga tengah dikebut pengerjaannya tersebut sudah bisa difungsikan saat musim mudik Lebaran tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan ada sejumlah ruas tol yang sudah bisa dilewati secara darurat saat mudik nanti.

Jalan tol yang sudah bisa dilewati darurat yakni Ruas Solo-Ngawi, Batang-Semarang, Pemalang-Batang, dan Pejagan-Pemalang (Brebes Exit Timur sampai Pemalang).

"Sudah sering disampaikan bahwa dari yang Trans Jawa ini yang bisa dipakai mudik, yang fungsional itu dari arah Cikampek sampai Ngaliyan, Semarang," ujar Basuki di proyek Tol Bawen-Salatiga, Semarang, Jumat (17/2/2017)

Sementara dengan difungsikannya secara darurat ruas Solo-Ngawi, membuat pemudik tak perlu lagi memasuki Kota Surakarta.

"Kalau yang dari Semarang ke Solo ini sampai ke Salatiga bisa dioperasikan. Kemudian dari Solo sampai ke Ngawi, dan Sragen itu fungsional bisa dilalui dalam rangka mudik karena utamanya ruas itu untuk menghindari Solo. Jadi tidak usah ke Kota Solo, tapi ke Kartosuro langsung ke Sragen dan Ngawi," jelas Basuki.

Lantaran belum beroperasi, maka penggunaan jalan tol fungsional tersebut tidak dipungut biaya. Pembukaan jalan tol yang masih dalam pengerjaan ini dilakukan untuk mengurangi beban kemacetan di jalan arteri saat mudik Lebaran 2017. (idr/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed