Follow detikFinance
Selasa 28 Feb 2017, 13:28 WIB

Blusukan ke Kampung Nelayan, Menteri ATR Cek Sertifikat Tanah

Fadhly F Rachman - detikFinance
Blusukan ke Kampung Nelayan, Menteri ATR Cek Sertifikat Tanah Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) menargetkan seluruh tanah yang ada di DKI Jakarta dan tersertifikasi pada tahun 2018 ini.

Menteri ATR, Sofyan Djalil menargetkan, bisa mendata dan mensertifikasi lahan di seluruh wilayah DKI Jakarta paling lambat pada tahun 2018. Untuk itu, ia pun mengecek ke beberapa wilayah pinggiran Jakarta, contohnya pemukiman di kawasan Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara.

Di kawasan tersebut, ia bertanya pada sejumlah warga soal kepemilikan sertifikat lahan tempat tinggal, sekaligus melihat PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam memberikan bantuan pinjaman kepada masyarakat setempat.

"Agraria, pemerintah kan sedang memprogram bagaimana memberikan sertifikasi tanah-tanah mereka. Tahun ini pemerintah akan mengeluarkan 5 juta sertifikat," ungkap Sofyan Djalil di pemukiman Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (28/2/2017).
Blusukan ke di Kampung Nelayan, Menteri ATR Cek Sertifikat TanahFoto: Fadhly F Rachman-detikFinance

"Di sini (Kampung Nelayan) saya tanya tadi sebagian besar sudah dapat Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) tapi untuk DKI ada program dengan Gubernur, diharapkan tahun ini dan tahun depan seluruh tanah di Jakarta sudah bersertifikat," sambungnya.
Blusukan ke di Kampung Nelayan, Menteri ATR Cek Sertifikat TanahFoto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Ia pun mengatakan, para nasabah pinjaman PNM yang ditemuinya di Kampung Nelayan telah memiliki sertifikat tanah. Dengan adanya sertifikat kepemilikan tersebut, kata Sofyan, para nasabah dari PNM bisa menjadikannya sebagai jaminan untuk mencari modal lebih besar dalam mengembangkan usahanya.

"Jadi itu juga akan memberikan akses bagi mereka jika memiliki sertifikat, jadi kalau usaha mereka makin berkembang jadi ada jaminan," kata dia.
Blusukan ke di Kampung Nelayan, Menteri ATR Cek Sertifikat TanahFoto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Sementara ia menargetkan, pada tahun 2025 seluruh lahan di Indonesia sudah bisa terdata dan tersertifikasi secara bertahap.

"Kalau seluruh Indonesia masih panjang. Karena kita baru 45% tanah bersertifikat seluruh Indonesia. Kalau di Jakarta tinggal 300 ribu bidang lagi," kata dia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed