Follow detikFinance
Selasa 28 Feb 2017, 18:53 WIB

Jokowi: Pembangunan Perbatasan, MRT, Hingga Jalan Tol dari Pajak

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jokowi: Pembangunan Perbatasan, MRT, Hingga Jalan Tol dari Pajak Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan berbagai pembangunan infrastruktur di Indonesia, mulai dari pembangunan jalan tol, pelabuhan, hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Seluruh pembangunan infrastruktur tersebut tidak terlepas dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat Indonesia.

Jokowi bercerita bagaimana kondisi 7 PLBN yang kumuh dan tidak apik dilihat. Dalam kunjungannya ke PLBN Entikong dua tahun lalu, Jokowi langsung memerintahkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meruntuhkan PLBN Entikong yang dianggap seperti kandang.

Tidak hanya PLBN Entikong, beberapa PLBN lainnya seperti PLBN Mota'ain di Nusa Tenggara Timur (NTT), Motamassin di NTT, Skow di perbatasan Papua dan Papua Nugini untuk diruntuhkan dan dibangun lagi yang lebih baik.

"Saat itu saya perintahkan Menteri PU, saya beri waktu dua minggu ini dirobohkan, malu saya. Saya beri waktu dua tahun gedung ini harus lebih baik dari gedung (PLBN) di negara tetangga, dua kali, tiga kali lebih baik," jelas Jokowi dalam acara Farewell Amnesty Pajak di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (28/2/2017).

Sebanyak 7 PLBN tersebut kemudian dibangun kembali dari APBN dan selesai pada akhir 2016 lalu. Jokowi ingin memberi contoh nyata pembangunan yang dihasilkan dari uang pajak yang dibayarkan oleh para wajib pajak.

"Terus dibangun dan Desember kemarin jadi. Uangnya dari Bapak Ibu semua, dari pajak," kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi kembali memamerkan proyek infrastruktur lainnya, yaitu Jalan Tol Trans Sumatera. Proyek tol ini bahkan dikerjakan siang malam agar bisa dilalui kendaraan secepatnya.

Begitu juga dengan jalur kereta di Sulawesi. Jokowi menyebutkan, pembangunan infrastruktur harus segera dimulai dan rajin dicek agar cepat selesai.

"Di Sulawesi sudah saya putuskan semuanya dimulai. Jalan tol mulai 3-4 bulan saya datangi progresnya seperti apa," tutur Jokowi.

Tidak berhenti di situ, Jokowi juga memamerkan kemajuan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara yang sudah mencapai 80%. Begitu juga dengan pembangunan LRT Palembang yang terus mendekati tahap akhir.

Bahkan banyak kota-kota lain yang juga ingin dibangun sarana transportasi LRT. Terakhir, pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta. Pembangunan yang sudah direncanakan sejak 26 tahun lalu akhirnya sudah dikerjakan.

"Kalau MRT enggak diputuskan, semakin mahal harganya. Duit kita hilang semakin banyak. Setiap keputusan pasti ada masalahnya, pemimpin harus berani ambil risiko," tutup Jokowi. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed