Follow detikFinance
Senin 06 Mar 2017, 15:02 WIB

Jokowi Sebut Tiga Poin Penting Dalam Dunia Usaha

Hary Lukita Wardani - detikFinance
Jokowi Sebut Tiga Poin Penting Dalam Dunia Usaha Foto: Hary Lukita Wardani
Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), mengatakan ada tiga pelaku penting dalam pertumbuhan ekonomi. Apa saja tiga poin itu?

Untuk yang pertama ia menyebutkan adalah UMKM ( Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Jokowi menyebutkan 70% lebih dari UMKM menyediakan lapangan pekerjaan.

"Pertama UMKM yang di semua negara-negara IORA menghasilkan separuh dari GDP (Gross Domestic Product), lebih dari 70% mereka menyediakan lapangan kerja," kata Jokowi dalam pembukaan KTT IORA 2017, di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2017).

"Kedua wanita yang merupakan pilar keluarga dan yang etikanya dan rasa tanggung jawabnya biasanya, ini biasanya, jauh lebih baik dari kaum pria," ujarnya.

Ketiga, kata Jokowi, adalah anak muda. Sebab generasi muda merupakan bagian terbesar dari angkatan kerja di negara IORA.

"Dan yang ketiga kaum muda, generasi muda, yang bagian terbesar dari angkatan kerja di negara-negara IORA. ini juga merupakan sebuah kekuatan kecuali kalau mereka sibuk terus main Pokemon, beda soalnya," ujarnya.

Pada kesempatan saat itu Jokowi juga menceritakan perjalanan usahanya yang dimulai dari bawah. Jokowi bercerita pertama kali bergerak di industri mebel.

"Dulu 30 tahun yang lalu, waktu saya memulai usaha, saya memulai dari usaha kecil dan kemudian pelan-pelan jadi usaha berskala menengah, usaha saya dulu adalah industri furniture. Terus bagaimana usaha yang kecil itu bisa meloncat ke level yang lebih tinggi. Jawabannya adalah mengambil bagian dari globalisasi," ungkap Jokowi. (lkw/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed