Follow detikFinance
Senin 06 Mar 2017, 17:15 WIB

Mentan Gelar Panen Raya dan Serap Gabah Petani di Jawa

Niken Widya Yunita - detikFinance
Mentan Gelar Panen Raya dan Serap Gabah Petani di Jawa Mentan Amran Sulaiman (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dijadwalkan akan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) panen raya padi dan serap gabah petani di Jawa. Mentan akan melaksanakan kegiatan dari Jawa Timur sampai dengan Jawa Barat pada 7-11 Maret 2017.

Dalam keterangan tertulis dari Kementan, Senin (6/3/2017), kunker ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi agar pemerintah mengambil langkah untuk pengendalian harga. Kabupaten-kabupaten yang akan ditinjau adalah kabupaten yang saat ini sedang panen dan harga gabah kering panennya (GKP) di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

Baca juga: Harga Gabah Anjlok, Pemerintah Utus Bulog Serap dari Petani

Sembilan kabupaten tersebut yakni Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Sukoharjo, Purworejo, Kebumen, Cilacap dan Ciamis. Dari hasil monitoring Kementerian Pertanian, harga GKP saat ini di sembilan kabupaten tersebut anjlok berkisar Rp 3.200-Rp 3.600 per kg.

Tujuan kunjungan kerja ini yakni untuk penyelamatan harga gabah petani bekerjasama dengan Bulog, PT Pertani, dan TNI agar petani tidak merugi. Hal ini sesuai dengan Perpres 20/2017 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 48/2016 tentang Penugasan kepada Perusahaan Umum (Perum) Bulog dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional dan aturan relaksasi kadar air hingga 30%.

Kepala Divisi Regional Bulog, Komandan Resort Militer, Komandan Distrik Militer dan petugas penyuluh lapangan (PPL) akan dihadirkan di setiap kabupaten pada kunker tersebut. (nwy/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed