Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mar 2017 18:51 WIB

Tersangka Kasus Permainan Harga Cabai Rawit Merah Jadi 3 Orang

Cici Marlina Rahayu - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri kembali menetapkan satu orang tersangka kasus permainan harga cabai rawit merah. Tersangka kasus ini menjadi tiga orang.

"Setelah menetapkan 2 tersangka S dan SA pada minggu lalu, penyidik kembali menetapkan tersangka dengan inisial R yang berada di wilayah jawa Tengah terkait dengan gejolak harga cabai rawit merah dewasa ini," kata Direktur Tipideksus Brigjen Agung Setya, dalam keterangannya, Senin (6/3/2017).

Agung mengatakan, ketiga tersangka tersebut merupakan pelaku usaha dalam distribusi cabai rawit merah yang berperan sebagai pemasok cabai rawit merah. Sementara itu, melonjaknya harga cabai rawit merah di pasaran dikarenakan adanya pasokan yang berkurang, hal ini karena adanya pelaku usaha dalam hal ini pemasok yang memasok cabai rawit merah ke industri dengan jumlah yang besar.

"Para pemarok sudah menetapkan harga kepada pihak industri dengan harga yang tinggi yaitu sekitar Rp 160-180 ribu/kg. Sehingga mereka lebih banyak memasok cabai rawit merah ke industri dibandingkan ke pasar," ujarnya.

Baca juga: Ini Modus Permainan Pengepul yang Bikin Cabai Rawit Merah Selangit

Penyidik telah memeriksa 37 saksi yang terdiri dari petani, pengepul, pemasok, hingga pedagang di pasar terkait kasus ini. Dari hasil identifikasi, ditemukan setidaknya 9 pelaku usaha (pemasok) yang melakukan penetapan harga cabai rawit merah dengan harga tinggi.

"Terdapat 7 industri yang menerima cabai rawit merah segar dari supplier. Saat ini penyidik terus melakukan pendalaman dan pemenuhan alat bukti terhadap keterlibatan pelaku lainnya," tuturnya.

Agung menuturkan, tersangka dijerat pasal 48 (2) jo Pasal 5 UU nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Monipoli dan Persaingan Tidak Sehat dan pasal 108 UU nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.⁠⁠⁠⁠ (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed