Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mar 2017 15:03 WIB

Mantan Kurir Ini Jadi Orang Terkaya Ketiga China, Hartanya Rp 359 T

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Dok. South China Morning Post Foto: Dok. South China Morning Post
Beijing - Media asal China, Hurun Report Inc., baru saja merilis Hurun Global Rich List 2017. Ada pendatang baru yang masuk jajaran 10 orang terkaya di China.

Ia adalah Wang Wei, komisaris dan pemilik SF Holding perusahaan jasa antar barang, yang sekarang hartanya mencapai US$ 27 miliar atau sekitar Rp 359 triliun.

Wei memulai perusahaan pada tahun 1993 dengan modal sekitar US$ 13.000 (Rp 172 juta). Ia sendiri yang mengantar semua paket dari rumah ke rumah.

Selain menjadi kurir, ia juga mempekerjakan kurir-kurir lain untuk membantu pengiriman. Saat itu, Wei hanya punya satu mobil untuk mengirim paket.

Perlahan-lahan, nasib Wei mulai berubah. Terutama setelah booming e-commerce di China yang trennya diusung oleh perusahaan ritel online seperti Alibaba dan JD.com.

Wei pun kecipratan rejeki melalui tingginya permintaan pengiriman barang yang dipesan oleh masyarakat China melalui toko-toko online.

Alhasil, sekarang Wei punya 15.000 mobil dan jaringan yang mampu mengirimkan barang hingga ke 200 negara di seluruh dunia.

Baca juga: Ini 10 Orang Super Tajir di China

Harga saham SF melonjak hingga 40% setelah perusahaan melakukan backdoor listing belum lama ini di bursa Shenzen.

Artinya, SF masuk lantai bursa tidak melalui penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO), tapi istilahnya 'masuk lewat pintu belakang' dengan cara merger dengan perusahaan yang sudah melantai di bursa.

Sejak saat itu, saham SF naik dengan rata-rata 10% tiap hari. Hal ini juga yang membuat harta pria berumur 46 tahun ini melonjak tinggi hampir setiap hari. (ang/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com