Follow detikFinance
Jumat 10 Mar 2017, 14:00 WIB

Ini Dia Donald Trump Indonesia

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Ini Dia Donald Trump Indonesia Foto: REUTERS/Jim Lo Scalzo/Pool
Jakarta - Bali masih menjadi tujuan wisata favorit pelancong manca negara. Apalagi sekarang ada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, sedang berlibur di sana.

Provinsi berjuluk Pulau Dewata itu memang menawarkan banyak spot wisata menarik. Salah satunya adalah daerah Tanah Lot.

Puri Bali kuno yang dibangun pada abad ke-16 itu akan punya tetangga bangunan modern abad ke-21. Di seberangnya ada Bali Nirwana Resort yang sudah lama berdiri.

Nah, dalam beberapa bulan resor ini akan disulap menjadi penginapan mewah berbintang enam oleh Donald Trump. Ya benar, Trump yang sekarang jadi Presiden Amerika Serikat (AS).

Indonesia juga punya Trump versi lokal. Sebab, banyak kemiripan antara Trump asli dan Trump lokal, apalagi keduanya juga menjalin kerja sama.

Ia adalah pengusaha nasional Hary Tanoesoedibjo, salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Pada 2015 lalu, pria yang biasa disapa Hary Tanoe atau HT itu menandatangani kontrak senilai US$ 1 miliar (Rp 13,3 triliun) dengan Donald Trump untuk pengembangan Trump Hotel and Tower di Jawa Barat serta resor bintang enam di Bali.

HT yang akan mengurus konstruksi, setelah itu Konglomerasi Trump yang akan mendapatkan hak dan menjalankan operasional resor tersebut.

Tidak hanya sampai di situ, bos Grup MNC tersebut juga punya hubungan yang cukup dekat dengan Trump. Bahkan sampai bisa disebut-sebut Donald Trump-nya Indonesia.

Seperti Trump, Hary Tanoe juga dikenal orang yang blak-blakan. Ia juga sering menyampaikan pendapat via Twitter, Trump juga sama.

Hary Tanoe ramai jadi perbincangan ketika diundang Trump dan hadir di acara pelantikan Presiden AS di Januari lalu. Banyak orang menilai mereka berdua punya hubungan yang erat.

"Ini hubungan bisnis yang biasa saja," kata Hary Tanoe kepada BBC seperti dikutip, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya, Trump sama sekali sudah tidak lagi terlibat dalam kegiatan bisnis kelompok usahanya.

"Saya harus menekankan ini. Sejak jadi Presiden AS, dia (Trump) tidak lagi terlibat dalam bisnis. Sehingga saya berhubungan dengan anak-anaknya, Eric Trump dan Don Jr," katanya.

Kendati demikian, belum lama ini keduanya bertemu. Istri Hary Tanoe mengunggah foto bersama Trump di media sosial. Foto diambil menjelang pelantikan Trump jadi Presiden AS.

Ini Dia Donald Trump IndonesiaFoto: Dok. Twitter Hary Tanoe

"Tidak ada konflik kepentingan. Konflik kepentingan itu terjadi kalau proyek tersebut disepakati ketika dia sudah jadi presiden. Ini kan terjadi sudah lama, bahkan sebelum dia (Trump) mencalonkan diri jadi presiden," ujarnya.

Kemiripan lain antara HT-Trump adalah keduanya sama-sama berasal dari latar belakang bisnis dan sekarang terjun ke dunia politik, meski belum ada niat untuk jadi Presiden Republik Indonesia (RI).

"Dia (Trump) tidak hanya menginspirasi saya, tapi saya raya menginspirasi semua orang juga. Meski minim pengalaman di politik, minim pengalaman di birokrasi, tapi sekarang bisa jadi Presiden AS," katanya. (ang/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed