Follow detikFinance
Selasa 14 Mar 2017, 12:02 WIB

Jokowi Bicara Soal Kekuatan RI Pada Revolusi Industri ke-4

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jokowi Bicara Soal Kekuatan RI Pada Revolusi Industri ke-4 Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara tentang revolusi industri ke-4 dalam acara Indonesia-Korea Business Summit. Acara ini dihadiri oleh ratusan investor Korea Selatan dan Indonesia, termasuk Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan, Joo Hyung Hwan.

"Kita sekarang berada dalam revolusi industri ke 4," ungkap Jokowi dalam acara yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Ini ditandai dengan berkembangnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, robot, teknologi pesawat tanpa awak, mobil tanpa sopir hingga bioteknologi. Jokowi pun menilai Korea Selatan ikut memberikan andil dalam perkembangan industri tersebut.

"Tapi ini sebenarnya paradoks," tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, ketika semuanya bisa dipenuhi oleh robot, masyarakat selaku konsumen akan mampu membayar mahal untuk barang yang dihasilkan langsung dari tangan.

"Saya percaya konsumen akan membayar premi untuk sesuatu yang bersifat handmade. Saat ada Artificial Intelligence maupun drone, saya percaya sentuhan manusia bahkan lebih penting," paparnya.

"Dalam era di mana produk material yang lebih banyak dari sebelumnya, masyarakat kita sedang berubah lebih ke arah pengalaman, menuju petualangan, menuju menciptakan kenangan, menuju berbagi," ungkap Jokowi.

Indonesia, kata Jokowi, mampu menciptakan hal tersebut karena banyak sekali kreatifitas dari dalam negeri yang bisa menjadi sebuah industri. Kalangan investor bisa ikut terlibat untuk merealisasikannya.

"Ekonomi kita itu juga bergeser leih dan lebih ke arah layanan sektor seperti industri kreatif dan pariwisata," imbuhnya

Para pengusaha Korea Selatan yang hadir dalam kesempatan ini di antaranya seperti Chung Iin Haeng (President of Hyundai Motor Group), Cho Yangho (Chairman Korean Air), Park Jin Soo (CEO LG Chem) maupun Lee Soo-Man (Chairman SM Entertainment Group).

"Indonesia adalah surga untuk pengalaman kreatif, petualangan, kebudayaan kita yang kaya, tradisi kaya kami seperti di kerajinan, seni memenuhi bakat-bakat kami untuk industri kreatif dan pengalaman seperti wisata adalah kegiatan sosial. Indonesia adalah nomor 4 pengguna facebook dan nomor 1 di dunia untuk twitter karena banyak penggunaan digital," ujarnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed