Follow detikFinance
Selasa 14 Mar 2017, 16:16 WIB

Jokowi Sebut Tingginya Ekonomi Jatim Tak Bisa Kurangi Orang Miskin

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Jokowi Sebut Tingginya Ekonomi Jatim Tak Bisa Kurangi Orang Miskin Foto: Cahyo/Setpres
Jakarta - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas persoalan daerah Jawa Timur (Jatim) dengan jajaran menteri dalam rapat kabinet terbatas. Gubernur Jatim, Soekarwo pun dihadirkan.

Jawa Timur merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional. Sektor utamanya adalah industri pengolahan, perdagangan dan jasa, serta pertanian dan perikanan.

"Tahun 2016 perekonomian di Jawa Timur tumbuh 5,55%, lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan nasional," ungkap Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Jokowi optimistis seharusnya ekonomi daerah tersebut bisa lebih tinggi. Asalkan beberapa langkah terobosan dilakukan secara terfokus. "Mempercepat pembangunan infrastruktur, mendukung pengurangan biaya logistik, bantuan teknis maupun penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas," paparnya.

Di sisi lain, Jokowi mengingatkan agar tidak hanya pertumbuhan ekonomi melainkan juga pemerataan. Tingkat kemiskinan di Jatim sekarang mencapai 11,85% atau lebih tingi dari rata-rata nasional. Begitu juga dengan rasio gini, yang sebesar 0,40.

"Saya juga perlu ingatkan pertumbuhan yang semakin tinggi juga harus berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan," tegas Jokowi.

Salah satu program yang bisa dioptimalkan pemerintah daerah adalah dengan pengembangan sumber daya manusia menjadi terampil dan berkualitas.

"Saya minta program pendidikan dan pelatihan vokasi dilakukan masif dengan melibatkan kalangan industri dan saya lihat di Jawa timur sudah dilakukan. Dan tidak lupa mengajak pondok-pondok pesantren yang banyak tersebar di Jawa Timur untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan keterampilan yang berguna," ujarnya. (mkj/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed