Follow detikFinance
Selasa, 14 Mar 2017 21:25 WIB

Lahan Baru Bebas 67%, Jokowi Minta Tol Pandaan-Malang Dipercepat

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menggelar rapat terbatas evaluasi proyek strategis nasional di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Salah satu proyek yang disoroti Jokowi adalah Tol Pandaan-Malang.

Rute Pandaan-Malang merupakan salah satu proyek jalan tol di luar Trans Jawa.

"Untuk tol yang beliau dorong lebih cepat adalah Pandaan-Malang. Itupun kita memang baru 67% tanahnya," ujar Gubernur Jatim, Soekarwo, usai rapat terbatas proyek strategis nasional di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Soekarwo menjelaskan, proses pembebasan terhambat karena lahan merupakan milik desa. Soekarwo telah mengusulkan solusi kepada PT Jasa Marga Tbk selaku penggarap proyek sekaligus operator.

Baca juga: Proyek Tol Pandaan-Malang Dapat Pendanaan Rp 1,35 T dari 3 Perusahaan.

Dia berharap, solusi itu bisa mempercepat proyek Tol Pandaan-Malang.

"Yang jadi masalah itu tanah kas desa, ya mencari penggantinya. Kami mengusulkan tanah kas desa itu, uangnya oleh Jasa Marga diberikan dulu, dititipkan ke Pemda, kemudian dikerjakan dulu," terang Soekarwo.

Meski terganjal lahan, Soekarwo optimistis, Jasa Marga bisa mendekati warga pemilik lahan. Sehingga, target penyelesaian pembebasan lahan rampung tahun ini terwujud.

"Optimistis pendekatan Jasa Marga dengan pemilik lahan. 2018 itu selesai pembangunan, karena Jasa Marga bisa selesai 2017 ini tanahnya," tutur Soekarwo.

Tol Pandaan-Malang sepanjang 37,62 km mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus transportasi yang dapat berdampak pada pertumbuhan sektor rill di Pulau Jawa khususnya Jawa Timur. (bag/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed