Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 08:20 WIB

Bangil-Rembang Tersambung Tol, Begini Penampakannya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Bangil-Rembang Tersambung Tol, Begini Penampakannya Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Pasuruan - Sebagian segmen dari seksi I ruas tol Gempol-Pasuruan siap dioperasikan setidaknya pada akhir Maret ini. Segmen tersebut merupakan segmen Bangil menuju Rembang sepanjang 7,1 kilometer (Km) menyusul rampungnya jalan tol tersebut.

Saat ini, ruas tol yang akan dioperasikan tersebut tengah dilakukan uji kelayakan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang mewakili Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku stakeholder terkait, termasuk Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Berdasarkan pantauan detikFinance, jalan yang membentang sepanjang 7,1 km dari Bangil sebagai pintu masuk tol hingga menuju gerbang tol Rembang telah rampung konstruksinya 100%. Pada sepanjang badan jalan tol, tak ada lagi pengerjaan konstruksi yang menghambat jalan.

Segmen Bangil-Rembang merupakan satu dari dua segmen pada seksi I ruas tol Gempol-Pasuruan. Saat ini, sisa segmen lainnya, yakni dari Gempol menuju Bangil progres konstruksinya telah mencapai 98%. Namun lantaran masih adanya sebagian kecil lahan yang belum bebas di badan jalan tadi membuat seksi I belum bisa dibuka secara penuh.

Bangli-Rembang Tersambung Tol, Begini PenampakannyaFoto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

"Kemarin kami sudah bicara dengan panitia pelaksana pengadaan tanah, ditargetkan April ini sudah tuntas (lahan yang belum bebas). Sehingga kalau benar April sudah tuntas, kami akan lakukan penyelesaian, menjelang Lebaran itu sudah bisa nyambung," kata Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan, Agus Purnomo saat ditemui di ruas tol Gempol-Pasuruan, Pasuruan, Rabu (15/3/2017).

Dengan dibukanya segmen Bangil-Rembang sepanjang 7,1 km ini diharapkan menjadi awal pengenalan proyek jalan tol ini kepada masyarakat, sambil menunggu seksi I rampung seluruhnya sebelum Lebaran tiba.

Bangli-Rembang Tersambung Tol, Begini PenampakannyaFoto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

"Sebetulnya dengan dibukanya seksi dari Bangil ke Rembang ini, kami ingin mengenalkan ke masyarakat lebih dulu. Meskipun mungkin traffic masih sangat rendah (1000 LHR), tapi paling tidak dengan kita buka ini, ini merupakan sosialisasi ke masyarakat, paling enggak pas nanti sudah nyambung sampai Gempol, mereka sudah tahu," pungkasnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed