Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 09:06 WIB

Seksi I Tol Gempol-Pasuruan Ditarget Beroperasi Mudik Lebaran 2017

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Seksi I Tol Gempol-Pasuruan Ditarget Beroperasi Mudik Lebaran 2017 Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Pasuruan - Jalan tol Gempol-Pasuruan seksi I ruas Gempol-Rembang sepanjang 13,9 kilometer (km) ditargetkan beroperasi pada mudik lebaran 2017.

Hal tersebut didukung oleh telah rampungnya progres fisik seksi I tersebut sebanyak 98% hingga pertengahan Maret ini.

"Mudah-mudahan sebelum arus lebaran seksi I bisa full operasional," kata Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan, Agus Purnomo saat ditemui di ruas tol Gempol-Pasuruan, Pasuruan, Rabu (15/3/2017).

Masalah pengadaan lahan yang masih mengganjal terletak pada 14 bidang tanah yang diperlukan untuk membangun sekitar 4 km ruas jalan tol yang saat ini belum tersambung. Karena 14 bidang tanah ini, ruas Gempol-Rembang masih terkendala pekerjaannya.

Adapun lahan yang kini belum bebas tersebut berlokasi di daerah Wonokoyo-Wetan dan Pajejeran. Saat ini penyelesaian masalah pengadaan tanah tersebut tengah dalam jalur konsinyasi melalui pengadilan.

"Jadi begitu sudah putusan pengadilan hak tanahnya dicabut oleh BPN, itu bisa diproses. Kami juga rencana tanggal 22 Maret ini 7 bidang akan dieksekusi. Kalau sudah eksekusi, uang sudah kami titipkan di pengadilan. Jadi sudah masuk ranah amaning yang kedua, sudah enggak bisa banding lagi," jelasnya.

Dengan dibukanya seksi I ruas Gempol-Pasuruan, maka perjalanan ke arah Timur menuju Surabaya pun dipercaya dapat lebih singkat.

"Kalau seksi I nyambung 14 km, dibanding jalan nasional, pada waktu peak mungkin dia butuh 30-45 menit. Tapi kalau di tol 10 menit mungkin sudah sampai. Jadi menghematnya sudah 20-30 menit," pungkasnya. (dna/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed