Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 11:07 WIB

Jokowi Minta Pos Perbatasan Nanga Badau Dilengkapi Pasar Modern

Dana Aditiasari - detikFinance
Jokowi Minta Pos Perbatasan Nanga Badau Dilengkapi Pasar Modern Foto: Dok. Kementerian PUPR
Kapuas - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat kini sudah rampung pekerjaannya dan diresmikan langsung pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur di perbatasan ini diharapkan tidak hanya cantik secara fisik namun juga mendatangkan manfaat secara ekonomi.



"Saya minta tidak hanya pos lintas batas saja tetapi juga dibangun pasar modern agar masyarakat juga menikmati," kata dia saat meresmikan PLBN Nanga Badau kemarin, Kamis (16/3/2017).

Permintaan Jokowi cukup beralasan. Kawasan perbatasan yang semakin cantik, dan fasilitas lintas batas yang lebih baik membuat perjalanan lintas negara antara Indonesia-Malaysia menjadi lebih mudah secara administrasi.

Bila tidak dibangun pusat ekonomi di sisi Indonesia, dikhawatirkan manfaat ekonomi dari dibangunnya PLBN Nanga Badau ini justru akan dinikmati negara tetangga.

Jokowi Minta Pos Perbatasan Nanga Badau Dilengkapi Pasar ModernFoto: Dok. Kementerian PUPR

Untuk itu, tahun ini, Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan PLBN Tahap II yakni zona sub inti dan pendukung dengan kotrak multiyears2017-2018 sebesar Rp 167 miliar.

Salah satu infrastruktur tambahan yang dibangun adalah pasar modern yang akan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di perbatasan RI-Malaysia tersebut.

"Tahun ini mulai dibangun dan tahun depan ditargetkan selesai," tandas Jokowi. (dna/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed