Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 14:48 WIB

Percantik Pos Perbatasan Aruk, Pemerintah Gelontorkan Rp 131 M

Dana Aditiasari - detikFinance
Percantik Pos Perbatasan Aruk, Pemerintah Gelontorkan Rp 131 M Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu Aruk yang berlokasi di terletak di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, hari ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bangunannya yang megah dan fasilitas pelayanannya yang modern, menjadi kebanggaan baru masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah perbatasan negara.

Menurut data Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikutip detikFinance, Jumat (17/3/2017), pembangunan PLBN Aruk menelan biaya sebesar Rp 131,13 miliar yang dibagi dalam dua tahun. Rp 19,669 miliar di tahun 2015 dan Rp 111,46 miliar di 2016.
Percantik PLBN Aruk, Pemerintah Gelontorkan Rp 131 MFoto: dok. Kementerian PUPR

Perombakan PLBN Aruk dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dengan kontrak pelaksanaan selama 360 hari pelaksanaan konstruksi dan 720 hari pemeliharaan. Seluruh area membentang di atas lahan seluas 9,1 hektar dan luas bangunan utama mencapai 4.118 meter persegi.

Lingkup pekerajaan yang dilakukan dari mulai pembersihan lokasi, pembongkaran dan pembangunan kembali bangunan utama dan gardu pemeriksaan, pembongkaran dinding dan plafon hingga pengecoran dan pemasangan angkur (check point).
Percantik PLBN Aruk, Pemerintah Gelontorkan Rp 131 MFoto: dok. Kementerian PUPR

PLBN itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas dari mulai pemeriksaan terpadu, klinik, jembatan timbang, pemindai truk, gudang sita hingga monumen lintas batas. (dna/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed