Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 15:38 WIB

Pos Perbatasan Aruk Dulu dan Kini

Dana Aditiasari - detikFinance
Pos Perbatasan Aruk Dulu dan Kini Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengungkapkan betapa marahnya ia ketika menyambangi berbagai kawasan perbatasan RI. Bangunan kuno dengan warna yang kusam dan cat yang mengelupas menjadi pemandangan yang kerap dijumpainya.

Tak jarang, bangunan yang dijumpai adalah bangunan usang yang lebih mirip kandang ketimbang dengan Pos Perbatasan Negara.
PLBN Aruk dulu sebelum dirombak JokowiPLBN Aruk dulu sebelum dirombak Jokowi Foto: dok. Kementerian PUPR

Ia pun lalu memerintahkan jajarannya khususnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membongkar bangunan-bangunan tersebut dan membangunnya dengan yang baru.
PLBN Aruk dulu sebelum dirombak JokowiPLBN Aruk dulu sebelum dirombak Jokowi Foto: dok. Kementerian PUPR

Hal tersebut seperti dijumpai di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu Aruk yang hari ini diresmikan oleh Jokowi. Dengan dana Rp 131,13 miliar, pemerintah sejak tahun 2015 melakukan perombakan besar-besaran

Hasilnya, bangunan megah telah berdiri menggantikan bangunan usang yang dulu berdiri. Konsep arsitektur yang diusung menjadi desain PLBN ini mengadopsi Rumah Panjang yang merupakan rumah tradisional suku dayak. Kesan bangunannya pun semakin modern dengan aksen atap yang menjulang tinggi dihiasi dengan ukiran tradisional dayak.
PLBN Aruk kini sesudah dirombak JokowiPLBN Aruk kini sesudah dirombak Jokowi Foto: dok. Kementerian PUPR

Perombakan PLBN Aruk dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dengan kontrak pelaksanaan selama 360 hari pelaksanaan konstruksi dan 720 hari pemeliharaan.

Seluruh area membentang di atas lahan seluas 9,1 hektar dan luas bangunan utama mencapai 4.118 meter persegi dengan total biaya konstruksi yang digelontorkan pemerintah sebesar Rp 131,13 miliar yang dicairkan dalam dua tahun yakni Rp 19,66 miliar di 2015 dan Rp 111,46 miliar di 2016.
PLBN Aruk kini sesudah dirombak JokowiPLBN Aruk kini sesudah dirombak Jokowi Foto: dok. Kementerian PUPR

PLBN itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas dari mulai pemeriksaan terpadu, klinik, jembatan timbang, pemindai truk, gudang sita hingga monumen lintas batas. (dna/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed