Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 16:41 WIB

Waskita Jamin Proyek LRT Palembang Rampung Tiga Bulan Lebih Awal

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Waskita Jamin Proyek LRT Palembang Rampung Tiga Bulan Lebih Awal Foto: Triono Wahyu Sudibyo
Jakarta - Pembangunan fisik konstruksi prasarana LRT Palembang hingga saat ini telah mencapai 40%. Pekerjaan sipil yang menjadi tugas PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ini diprediksi rampung tiga bulan lebih awal dari jadwal semula.

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (WSKT), M. Choliq, dengan jadwal proyek yang lebih cepat itu pelaksanaan pekerjaan sistemasi dan pengadaan kereta oleh KAI bisa dilakukan awal tahun depan.

"Progress saat ini mendekati 40% atau lebih. Pekerjaan teknik sipilnya dijamin tiga bulan lebih cepat, yaitu diharapkan akhir tahun ini bisa selesaikan. Tinggal pekerjaan sistem, uji coba kereta dan lain-lain, itu tanggung jawab KAI (PT Kereta Api Indonesia). Sampai Juni 2018, itu harus operasional full," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Choliq menuturkan, kontrak pembangunan LRT saat ini telah mencapai kesepakatan baik dari aspek nilai kontrak, pembayaran dan pendanaan.

"LRT kontrak sudah final. Segala macam aspek. Nilai, jadwal, pembayaran dan sumber pendanaan sudah final. Terutama dari sisi pembayaran dan pendanaan 100% APBN. Di dalam kontrak, akan dilunasi pada saat Juni 2018 pada saat proyek selesai," tukasnya.

Jalur LRT Palembang sendiri memiliki total panjang 23,4 km dan menggunakan lebar jalur 1067 mm. Ruang lingkup pembangunan terdiri dari jalur sebagian besar merupakan jalur layang, 13 stasiun, fasilitas operasi (termasuk 9 gardu listrik) dan 1 depo dengan kapasitas 14 train set masing-masing terdiri dari 3 kereta.

Masing-masing kapasitas kereta adalah 180-250 penumpang. Pengadaan sarana LRT dan pengoperasiannya ditugaskan kepada KAI. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed