Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 20:50 WIB

Pasokan Melimpah, Begini Cara Pedagang Agar Tak Rugi Jualan Cabai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Pasokan Melimpah, Begini Cara Pedagang Agar Tak Rugi Jualan Cabai Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur Rp 85.000/Kg, turun dari sebelumnya di atas Rp 120.000/kg. Ini karena pasokan melimpah dari daerah sentra produksi yang sedang panen.

Namun, melimpahnya pasokan tersebut perlu diantisipasi pedagang agar tak membuat rugi. Caranya, menurut Sumiyati, salah satu pedagang cabai, harga cabai rawit merah akan berubah sesuai pasokan dan permintaan konsumen

"Kalau cabai itu tiap jam ganti harga. Enggak bisa dikira-kira. Kalau kita masoknya agak banyak, tapi pasarnya lemah, ya kita turunin harganya," kata Sumiyati kepada detikFinance saat ditemui di lokasi, Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

"Kita-kita aja punya feeling sendiri. Cabai ini kok makin lemah tawarannya makin murah, ya tembak aja (harga diturunkan). Yang nurunin ya saya sendiri," lanjut Sumiyati.

Menurutnya cara seperti ini dilakukan oleh semua pedagang untuk mempertahankan tingkat pengembalian modal dengan melihat kondisi pasar.

Meski enggan menyebut omzet yang diraih dari bisnis cabai ini, Sumiyati mengaku dalam sehari bisa memasok 1-1,5 ton cabai rawit merah dalam sehari, dengan modal sekitar Rp 20 juta- Rp 30 juta.

Menurut Sumiyati, ia bisa memangkas harga hingga Rp 60.000/Kg jika permintaan pasar semakin lemah, biasanya saat malam hari.

"Kalau kita udah enggak mampu jual tinggi, buat apa kita tahan? Makin malam ruginya makin gede lagi. Jadi perhitungannya punya feeling sendiri. Dagang cabai itu otaknya harus jeli, harus banyak informasi, pemasukannya gimana banyak atau enggaknya," tutur dia.

"Sekarang rugi enggak masalah, yang penting barang habis. Besok jualan lagi, mudah-mudahan pasarnya udah kuat lagi. Kalau belanja hari ini Rp 75.000/Kg dari Jawa (pemasok). Buat besok kita usahakan dari Jawa belanjanya Rp 55.000-60.000/kg jualannya," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed