Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 18:35 WIB

Wamenkeu Datangi Ombudsman, Klarifikasi Soal Ulah Oknum Bea Cukai

Hary Lukita Wardani - detikFinance
Wamenkeu Datangi Ombudsman, Klarifikasi Soal Ulah Oknum Bea Cukai Foto: Hary Lukita Wardani
Jakarta - Komisioner Ombudsman RI, Adrianus Meliala meralat dugaan awal yang ditemukan adanya oknum Direktorat Jenderal Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta terkait penyalahgunaan wewenang. Adrianus juga merasa puas dengan klarifikasi yang disampaikan oleh pihak Kementerian Keuangan dan Bea Cukai.

"Kami dipelihatkan indikator yang tepat, dan kami mendapat klarifikasi yang bagus sekali dari Dirjen Bea Cukai. Kami merasa puas dengan hal tersebut, bahkan kami nanti diundang untuk datang ke terminal 3," ujarnya saat konferensi pers di Kantor Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Bersamaan dengan itu pihak Kementrian Keuangan yang di wakili oleh Wakil Menteri, Mardiasmo mengatakan telah mengklarifikasi temuan Ombudsman terkait itu. Mardiasmo juga akan menggandeng Ombudsman RI untuk upaya pencegahan hal seperti itu pada terminal 3.

"Bahwa kita konfirmasi dan klarifikasi tentang temuan yang sifatnya sementara, coba klarifikasi. Bahkan kita mau undang ombudsman untuk melihat terminal 3, karena kita juga terbuka mengenai pelayanan publik. Jangan sampai reformasi besar-besaran ini masih ada yang kecil-kecil berulah. Kita coba perbaiki supaya revolusinya total, kalau merugikan negara kita tindak oknumnya," ujar Mardiasmo.

Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi juga menyampaikan klarifikasi ini diperlukan karena apa yang dilihat langsung dan didengar itu belum tentu benar. Dia menyebutkan semua hal yang dilakukan sudah ada SOP tersendiri.

"Rapat klarifikasi, lazimnya sesuatu pemantauan harusnya ada klarifikasi, karena sesuatu yang sudah dilihat dan didengar itu memang benar terjadi atau tidak. Jadi kami sampaikan setiap barang bawaan tersebut harus diperiksa terlebih dahulu secara selektif, internasional best practice dilakykan pada semua kapabenan dan mekanismenya sudah ada SOP," kata Heru

"Alhamdullilah klarifikasi yang disampaikan bisa dipahami, dan tidak ada yang disembunyikan malah kita sampaikan semua disini," lanjutnya

Sebelumnya pihak Ombudsman RI melakukan investigasi terkait pemeriksaan terhadap barang bawan pribadi penumpang di Bandara Soekarno Hatta. Ternyata saat pemerikasan terdapat aduan masyarakat yang merasa dirugikan oleh oknum Petugas Bea Cukai tersebut.

Beberapa kali oknum petugas itu meminta sejumlah uang kepada penumpang. Dugaan penyalahgunaan wewenang dan praktik maladministrasi oleh Petugas Bea Cukai tersebut di area pabean. Biasanya hal ini dilakukan pada bawaan pribadi penumpang yang datang dari luar negeri di Bandara Soekarno Hatta.

Ombudsman melakukan metode investigasi dengan menyamar sebagai salah satu penumpang yang berangkat dari Singapura ke Indonesia dengan membawa barang yang melebihi kapasitas. Selain itu juga ada permintaan keterangan dari pejabat terkait, pemeriksaan dokumen dan peninjauan lapangan. (lkw/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed