Follow detikFinance
Selasa 21 Mar 2017, 11:50 WIB

Harta Konglomerat Ini Lebih Besar dari Setoran Pajak RI

Maikel Jefriando - detikFinance
Harta Konglomerat Ini Lebih Besar dari Setoran Pajak RI Foto: Reuters
Jakarta - Bill Gates masih menjadi orang terkaya di dunia. Namanya bertengger di urutan pertama dengan harta senilai US$ 86 miliar atau setara dengan Rp 1.143 triliun (kurs Rp 13.300). Hartanya lebih besar dari setoran pajak di 2016.

Dalam realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016, setoran pajak non migas mencapai Rp 1.069 triliun. Bisa dikatakan bahwa itu realisasi tertinggi sepanjang sejarah RI.

Berdasarkan data Forbes yang dikutip detikFinance, Selasa (21/3/2017), pendiri Microsoft tersebut sudah menduduki posisi puncak selama empat tahun berturut-turut. Ia berhasil melampaui kekayaan pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dengan harta US$ 75,6 miliar atau setara Rp 1.005,4 triliun.

Baca juga: 4 Konglomerat RI Masuk Daftar 500 Orang Terkaya Dunia

Bill Gates tetap menjadi orang terkaya meskipun hartanya terhitung cukup besar disalurkan kepada yayasan sosial bernama Bill & Melinda Gates Foundation. Melinda adalah istri dari Bill Gates.

Hingga sekarang diketahui sudah US$ 30 miliar harta yang disalurkan ke yayasan. Ini tak lepas dari tekadnya untuk memberantas penyakit dan kemiskinan. (mkj/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed